Alat Pembayaran Elektronik Terpopular di Google Play Store

Alat Pembayaran Elektronik Terpopular di Google Play Store

Uang elektronik (e-money) adalah layanan finansial yang memungkinkan semua transaksi dilakukan secara digital. Layanan ini adalah layanan paling populer di era sekarang. Salah satu ciri layanan keuangan disebut uang elektronik adalah layanan tersebut menggunakan jaringan internet. Ciri yang lainnya, uang elektronik berfungsi sebagai alat pembayaran dan deposit dengan cara transfer. Uang elektronik hadir untuk menjawab kebutuhan layanan pembayaran tanpa tunai.

Di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang menghadirkan uang elektronik. Hanya saja, perusahaan yang menghadirkan uang elektronik resmi haruslah terdaftar di Bank Indonesia. Dengan kata lain, layanan uang elektronik harus memiliki izin penyelenggaraan uang elektronik dari Bank Indonesia.

Alat pembayaran elektronik saat ini sangat beragam. Kecanggihan teknologi dapat memudahkan pengguna bertransaksi kapan dan dimana saja. Selain lebih hemat waktu dan efisien, pembayaran elektronik ini memiliki banyak fitur yang menguntungkan pengguna. 

Dari sekian banyak alat pembayaran elektronik, berikut beberapa alat pembayaran yang popular dan banyak digunakan :

1. Kudo

Menurut wikipedia, KUDO (singkatan dari Kios Untuk Dagang Online) adalah sebuah perusahaan teknologi yang menciptakan sebuah platform yang memberikan peluang kepada masyarakat Indonesia untuk memiliki peluang usaha dengan menjadi penjual produk dari berbagai usahawan ternama. KUDO didirikan oleh Albert Lucius dan Agung Nugroho pada bulan Juli 2014.

Di aplikasi KUDO tersedia jutaan produk yang bisa diperdagangkan oleh agen KUDO. Bukan hanya produk rumah tangga, elektronik, fashion maupun kosmetik, dan produk online lainnya, KUDO juga menyediakan jasa transaksi pulsa, pembelian voucher game, pembelian asuransi, pembayaran tagihan (PLN, PAM, cicilan motor) dan pemesanan tiket (kereta, pesawat). 

Top up Kudo dapat dilakukan melalui transferan via atm, ovo, alfamart dan gerai terdekat. Saat ini kudo juga bisa melakukan transfer uang ke rekening bank dengan kenakan biaya admin.  Jika ada permasalahan seperti pulsa belum masuk, kamu bisa komplain melalui via chat kepada call center Kudo. Dalam kurun waktu 1 x 24 jam biasanya call center akan merespon keluhan pelanggan. 

2. OVO

OVO merupakan sarana digital untuk memudahkan hidup Anda dengan menyediakan beragam penawaran menarik melalui berbagai merchant rekanan, pembayaran yang mudah dan layanan finansial yang cerdas.

OVO identik dengan Grab dan Tokopedia, karena biasanya pembayaran Grab dan Tokopedia bisa melalui OVO. Namun tidak hanya itu, kegunaan Ovo bisa lebih dari itu lho. Ovo bisa digunakan untuk isi ulang pulsa, transfer uang, membayar tagihan PLN, BPJS dan yang lainnya. Lebih ekonomisnya lagi, ovo bisa di Top Up melalui Alfamart, booth Ovo dan biaya transfer ke semua bank gratis biaya admin. Jika ada keluhan mengenai transaksi, kamu bisa menghubungi via ovo melalui pihak bantuan. Dalam waktu 1 X 24 jam pihak Ovo biasanya membalas keluhan kamu melalui via email. Jadi, jangan takut jika terjadi kesalahan dalam transaksi menggunakan Ovo.

3. Go Pay

Go-Pay atau yang sebelumnya disebut sebagai Go-Wallet adalah dompet virtual untuk menyimpan Go Jek Credit Anda yang bisa digunakan untuk membayar transaksi-transaksi yang berkaitan dengan layanan di dalam aplikasi Gojek. Fitur Gopay diantaranya adalah :

- GO-PULSA

Didukung berbagai pilihan operator di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL, 3, Axis, Smartfren. Kebutuhan isi pulsa dan internet dapat selalu terpenuhi lewat GO-PULSA, pembayaran bisa langsung dilakukan dengan menggunakan saldo GO-PAY.

- GO-BILLS

Kemudahan pembayaran tagihan Anda kini jadi lebih cepat cukup dari satu aplikasi, tanpa ribet. GO-PAY memperkenalkan GO-BILLS, satu layanan untuk bayar listrik, beli token listrik hingga BPJS. Pembayaran langsung menggunakan saldo GO-PAY Anda.

- Transfer Go-Pay

Saldo Go-Pay dapat ditransfer kepada pengguna Go-Pay Lainnya secara langsung dan tanpa biaya.

  1. Tarik Tunai Go-Pay

Saldo Go-Pay bisa juga ditarik tunai melalui rekening bank Anda. Tentunya, untuk bisa mengaktifkan layanan Transfer dan Tarik Tunai Go-Pay, pastikan Anda sudah upgrade akun Go-Pay dengan cara mendaftarkan diri dengan foto diri dengan foto kartu identitas Anda.

4. LinkAja


Melalui website resmi Bank Mandiri dijelaskan bahwa LinkAja adalah aplikasi yang menghadirkan kemudahan dan kenyamanan dalam memenuhi kebutuhan bertransaksi bagi seluruh lapisan masyarakat. LinkAja adalah produk teknologi finansial buah sinergi perusahaan kebanggaan bangsa Indonesia, yaitu HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara – termasuk Bank Mandiri), Telkomsel, dan Pertamina.

Fitur LinkAja hampir sama dengan aplikasi pembayaran lainnya, selain aman untuk transfer, aplikasi ini juga bisa untuk membayar tagihan listrik, asuransi dan fitur lainnya. Top Up LinkAja juga bisa dilakukan di Alfamart, Indomaret dan beberapa tempat lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa semakin canggih teknologi maka semakin mudah akses untuk melakukan berbagai hal seperti transfer uang sekarang bisa dilakukan di rumah hanya dengan menggunakan hp jadi tidak perlu ke ATM deh.

Sebenarnya ada banyak lagi alat pembayaran elektronik yang populer, dari keempat di atas, aplikasi mana yang kamu telah kamu gunakan?

 

Sumber :

https://carisinyal.com/jenis-pembayaran-digital-populer/

https://www.cermati.com/artikel/manfaat-dompet-digital-gopay-dari-gojek-dan-cara-isi-saldonya

Images : Google Image