Apa Itu Teknologi 5G?

Apa Itu Teknologi 5G?

Perkembangan jaringan telekomunikasi selalu saja memberikan banyak kejutan. Baru saja pengguna menikmati kekuatan dari 4g, sekarang sudah muncul teknologi nirkabel yang memiliki kekuatan berkali-kali lebih cepat daripada 4G yaitu 5G. Penggunaan 5G tidak hanya pada Smartphone tetapi juga dapat menggerakkan mobil Anda dan memungkinkan dapat menghubungkan antara mesin dengan mesin lainnya untuk berkomunikasi.

Lalu, Apa itu 5G?

GSMA memiliki dua pandangan tentang teknologi. Salah satunya adalah visi hyper-connected yang pada dasarnya menggabungkan semua teknologi yang ada dan menempatkannya pada steroid - bukan perubahan generasi yang sebenarnya. Mungkin lebih baik memanggil yang 4,5G atau sesuatu seperti itu. Yang lainnya adalah teknologi akses radio generasi terbaru dengan latensi dan kecepatan data yang ditentukan secara ketat. Itu adalah perubahan generasi yang sebenarnya. 5G mungkin akan menjadi kombinasi dari dua tampilan. Tentu saja, akan ada kelebihan dan kekurangan untuk teknologi baru ini. Semoga manfaatnya akan membuat semuanya sepadan.

5G adalah singkatan dari teknologi nirkabel generasi kelima dan tentunya akan lebih cepat dari 4G. Informasi lengkap masih berupa gambaran, tetapi kecepatan diprediksi di atas 1 hingga 20Gbps dibandingkan dengan standar 4G yang 100Mbps hingga 1Gbps. Tetapi apakah kecepatan itu akan terwujud adalah pertanyaan lain yang akan kita temukan jawaban detailnya sekitar tahun 2020.

Seberapa cepatkah 5G? Berikut tentang spesifikasi 5G :

Berdasarkan gambar di atas yang bersumber dari GSMA Intelligence, dapat kita lihat kecepatan teknologi dari generasi ke generasi teknologi nirkabel dan dapat kita lihat bahwa 5G berkali-kali akan lebih cepat dari teknologi yang sebelumnya.

Bagaimana cukup cepatkah 5G untukmu?

Oh tentu, teknologi ini tentunya cukup cepat untuk semua orang untuk melakukan berbagai hal dan IoT (Internet of Thing).

Berikut merupakan fakta-fakta mengenai teknologi 5G menurut cekaja.com by Miftahul Khoer sebagai berikut :

  1. Jaringan super cepat

Jika kecepatan daya unduh 4G di Amerika Serikat mencapai rata-rata 19,42 Mbps, maka kecepatan 5G bukan lagi dalam ukuran megabit, melainkan gigabit alias Gbps. Jadi bisa dibayangkan ketika nanti jaringan 5G sudah aktif di Indonesia, daya unduh untuk ukuran gigabit bisa dalam hitungan detik.

  1. Kapasitas lebih besar

Bayangkan, ketika Anda mengakses sebuah wifi di lokasi banyak orang, kemudian koneksi data Anda akan melambat. Nah, ini terjadi karena jaringan generasi sebelumnya hanya mampu mendukung perangkat dengan jumlah tertentu saja. Sementara di jaringan 5G kapasitasnya akan lebih luas hingga jutaan perangkat per kilometer persegi.

  1. Banyak perangkat bisa nikmati 5G

Tak berlebihan jika jaringan 4G sebagian besar dipakai oleh para pengguna ponsel cerdas alias smartphone. Namun untuk 5G, beberapa perangkat lain seperti personal computer, headset hingga aksesoris rumah tangga dengan mudah akan bisa menggunakan jaringan ini.

  1. Harga jadi sorotan

Semakin cepat sebuah jaringan, semakin tinggi harga paket datanya. Ini berlaku untuk semua jaringan generasi apapun, tak terkecuali 5G. Orang sudah memastikan harga paket data jika 5G beroperasi terutama di Indonesia, maka kocek yang harus dikeluarkan harus lebih tinggi dari sebelumnya.

  1. Verizon operator pertama aktifkan 5G

Sebuah perusahaan bidang telekomunikasi dengan nama Verizon telah resmi mengaktifkan jaringan ini. Tak tanggung-tanggung, pengaktifan jaringan tersebut langsung di empat kota yakni Indianapolis, Houston, Sacramento dan Los Angeles. Untuk kecepatan maksimal, jaringan 5G di Amerika saat diresmikan Verizon mencapai 1 Gbps yang bisa unduh 1 GB dalam satu detik.

  1. Indosat uji coba jaringan

Operator Indosat ternyata tak mau kalah untuk mempersiapkan jaringan ini. Indosat telah melakukan uji coba jaringan 5G menggandeng Ericsson dengan kecepatan 244 kali lebih cepat dibandingkan dengan 4G.Dalam uji cobanya, jaringan 5G berada di kisaran 22 Gbps atau jauh lebih cepat dibandingkan 4G yang maksimal dalam ukuran kecepatan 90 Mbps. Uji coba tersebut dilakukan pada frekuensi 28 Ghz dan spektrum 800 MHz.

Wah, ini akan menjadi fenomena yang menarik ya bagi dunia telekomunikasi. Bahkan kecanggihan teknologi nirkabel terbaru ini tidak hanya bermanfaat untuk Smartphone tetapi dapat digunakan di berbagai aktivitas manusia. Namun, kita masih harus bersabar menunggu kecanggihan 5G di Indonesia.

 

Lebih lengkap kunjungi :

https://whatsag.com/g/understanding_5g.php

https://www.cekaja.com/info/fakta-fakta-soal-jaringan-supercepat-5g/?utm_source=referral&utm_medium=kumparan&utm_campaign=Bersiap_Menyambut_Teknologi_5G_Ini_Kelebihannya!&utm_content=Bacajuga-1