Baru dirilis, inilah Perbedaan fitur Call of Duty Mobile dan PUBG Mobile

Baru dirilis, inilah Perbedaan fitur Call of Duty Mobile dan PUBG Mobile

Setelah keluarnya PUBG Mobile, game franchise ikonik Call of Duty Mobile akhirnya juga sudah bisa didownload pada platform Android dan iOS. Hal ini tentunya merupakan kabar gembira bagi para gamers perang. Berdasarkan pantauan di halaman Google Play Store, Rabu (9/10/2019), game yang dirilis oleh Garena Mobile Private ini memiliki ukuran hampir 1 GB. Antusias para gamers membuat rating game ini telah memiliki 4.4 bintang di playstore dengan lebih dari 5 juta kali di download.

Menurut KompasTekno, sudah sempat menjajal game ini secara singkat. Gameplay yang ditawarkan oleh Call of Duty: Mobile tampak memudahkan para pemainnya untuk berperang. Bisa dibilang demikian lantaran mekanisme gameplay yang ditawarkan, dalam hal ini mekanisme penembakkan senjata, serupa dengan game keluaran Garena lain, yaitu Free Fire.

Mode permainan battle royale Call of Duty: Mobile menawarkan beberapa mode permainan. Mode permainan yang bisa langsung dicoba oleh pengguna adalah mode multiplayer (co-op). Pada mode ini, pengguna akan dimasukkan ke dalam satu tim yang berisi lima orang dan akan berperang dengan satu tim lain yang di dalam satu map. Para pemain yang tergabung di dalam dua tim ini bisa mendapatkan skor dengan cara mengalahkan pemain lain. Tim pertama yang berhasil meraih skor yang telah ditentukan, akan menjadi pemenangnya.

Sesama game battle royale apakah perbedaan fitur PUBG Mobile dan Call of Duty?

Berikut perbedaan fitur dari salah satu sumber:

1. Adanya fitur Class

Jika pada PUBG Mobile tiap karakter tidak dibekali kemampuan khusus, sehingga tergantung pada skill bermain yang akan membedakan role playing tiap pemain. Misalnya seorang player terbiasa bermain long range shooting, maka peran yang cocok adalah sebagai sniper, dan bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kebutuhan selama match berlangsung. Berbeda dengan CoD Mobile, setiap player akan dibekali semacam skill khusus yang harus dipilih setiap awal match. Ada 6 class yang bisa kamu pilih, diantaranya class Ninja, Scout, Clown, Medic, Defender, dan Mechanic.

 2. Fitur kontrol yang lebih beragam

CoD Mobile memiliki beberapa fitur dalam permainannya yang tidak dimiliki PUBG Mobile, di antaranya seperti Control Sleding, pada CoD mobile, kamu bisa healing sambil lari, sementara di PUBG Mobile, kamu harus diam terlebih dahulu, saat melakukan penyembuhan. Juga ada mode menembak dalam air yang tak dimiliki PUBG Mobile. Lalu ada Wingsuit yang secara otomatis digunakan ketika lompat dari ketinggian, jadi kamu tidak akan mati hanya karena jatuh dari gedung lantai 3.

Saat match battle royale CoD Mobile, kamu bisa ubah perspektif pandangan mode First-Person Perspective (FPP) maupun Third-Person Perspective (TPP) selama match berlangsung, berbeda dengan PUBG, yang pemilihan kedua fitur ini hanya bisa dilakukan di luar match. Fitur mode tembak otomatis juga disematkan pada CoD Mobile, saat kamu mengarahkan bidikan ke musuh maka senjata otomatis menembak, bahkan tanpa scope sekalipun.

3. Memanggil kembali teman yang telah mati

Jika di PUBG Mobile saat mati, tidak akan bisa hidup kembali, hanya bisa melihat permainan teman satu tim yang masih hidup. Nah di CoD Mobile kamu bisa menghidupkan teman yang sudah mati, dengan mendatangi mayat dan mengambil benda seperti kalung untuk me-revive. Kemudian teman kamu akan diterjunkan kembali. Ini berlaku dengan batas waktu tertentu, jika durasinya habis, maka temanmu tidak bisa dipanggil lagi.

4. Mode permainan utama

Mode Deathmatch yang jadi fitur utama game ini. Saat pertama kali bermain, kamu akan disuguhkan dengan mode Multiplayer bernama Frontline. Di pertandingan 5 vs 5 ini, kamu diwajibkan menghabisi musuh sebanyak-banyaknya. Kemenangan tim akan diraih jika berhasil mencapai skor 50 kill. Tak hanya Frontline, masih ada ragam mode Deathmatch lainnya. Sementara, mode battle royale baru bisa dimainkan saat akun kamu sudah mencapai level 7.

5. Upgrade karakter player

PUBG Mobile dengan tampilan karakter yang praktis dan eye-catching, untuk mengembangkan karakternya kamu hanya perlu menambah koleksi skin, mulai dari outfit karakter, hingga beberapa item lainnya, seperti helm dan senjata, yang bisa didapat gratis melalui event maupun berbayar.

Sementara pada CoD Mobile, tampilan karakter tidak terlalu penting, sebab ada hal lain yang harus diperhatikan untuk menciptakan karakter yang sesuai dengan skill permainanmu. Seperti fitur upgrade stats senjata favorit, hingga fitur lama dari game Call Of Duty series, yakni perk.

Perk bisa juga disebut "skill pasif" dalam CoD Mobile, karena dengan kombinasi yang pas, kamu akan dengan mudah menghabisi musuh di medan perang. Terdapat 3 perk yang digunakan, yaitu Perk Biru, Perk Merah dan Perk Hijau, dengan skill pasif yang berbeda-beda.

Sebenarnya ada beberapa fitur lainnya pada game CoD mobile yang dapat membuat performa permainan kamu menjadi lebih baik. Kualitas bermainmu akan semakin terasah jika dapat menggunakan fitur dan kontrol game yang maksimal.

 

Sumber :

https://kumparan.com/hipontianak/ini-perbandingan-call-of-duty-mobile-dan-pubg-mobile-1rzLKN1n4LA

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/01/09260307/call-of-duty-mobile-sudah-bisa-di-download-bedanya-dengan-pubg