Belajar Dasar-dasar HTML

Belajar Dasar-dasar HTML

Pada perkembangan teknologi yang semakin canggih menuntut manusia juga mengasah soft skill yang ada dalam diri mereka. Awalnya seseorang hanya pandai mengoperasikan komputer sekedar hanya mengetik surat, karena sudah majunya teknologi semakin mudah manusia untuk belajar hal yang lebih dari sekedar “ketikan” misalnya belajar pemrograman. Sekarang menjadi programmer adalah pekerjaan yang dapat dikuasai bukan hanya dari tamatan komputer dan jaringan ataupun sarjana informasi. Sudah banyak referensi dan modul yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Modal utama dalam belajar pemograman adalah mengerti berbagai ilmu pemrograman seperti HTML.

 

Lalu apa itu HTML?

Sejarah Singkat HTML

HTML dibuat oleh Tim Bernels-Lee seorang ahli Fisika ketika masih bekerja untuk CERN (organisasi Eropa untuk riset nuklir) dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas kedalam tiap versi HTML. Versi HTML yang terbaru saat ini adalah HTML 5 yang dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium, lembaga yang mengembangkan HTML sejak versi 2) diluncurkan ke publik pada 28 Oktober 2014.

 

Pengertian HTML

HTML merupakan kependekan dari Hyper Text Markup Language yang merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat suatu halaman web. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks apapun. Dokumen ini dikenal sebagai web page. dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web server. Dokumen ini umumnya berisi informasi ataupun interface aplikasi di dalam internet.

HTML juga merupakan file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web.

Di dalam file HTML terdapat beberapa "tag" atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor. File HTML dapat dibuat dengan aplikasi text editor apapun di sistem operasi apapun, antara lain : Notepad di Windows, vi di Unix atau Simple Text di Macintosh.

File HTML ini juga bisa dibuat di aplikasi word processor apapun asalkan saat menyimpan file tersebut disimpan dengan format text-only. Salah satu kelebihan file HTML adalah cross platform, artinya file HTML dapat ditampilkan di beberapa Operating System (OS) yang berbeda dan memiliki tampilan yang sama walaupun saat pembuatannya menggunakan satu OS tertentu saja.

HTML mempunyai fungsi lain di antaranya dapat menentukan format suatu teks, membuat list, membuat link ke dokumen lain, menyisipkan gambar, serta dapat menampilkan informasi dalam bentuk tabel. Selain itu, HTML juga berfungsi untuk mengatur tampilan dari halaman web dan isinya, menambahkan objek seperti gambar, video, audio, dan lain-lain.

Bagi kita yang baru mengenal HTML, untuk membuat dokumen web dengan HTML kita harus mengetahui elemen dasar dari HTML tersebut yaitu :

 

Elemen Dasar HTML

1. Heading

Teks dalam dokumen umumnya mempunyai judul topik. Pada dokumen HTML, judul ini disebut heading. Heading tulisan akan ditampilkan dengan huruf yang lebih besar dan ditebalkan. Heading juga dimanfaatkan untuk menunjukkan tingkat keberartian dari teks yang dituliskan. Ada Enam tingkat heading dalam HTML, dari nomor 1 sampai dengan 6.

Nomor 1 merupakan heading terbesar. Setiap heading dalam dokumen harus diberi tag tergantung pada kebutuhan teks tersebut

 

 

2. Paragraf

Informasi yang disajikan dalam dokumen harus mengikuti kaidah dalam penulisan. Misalnya satu pikiran utama disimpan dalam satu paragraf. Setiap paragraf harus dimulai dengan memberi tag <p> dan di akhir paragraf ditulis </p>.

 

3. List Item

List merupakan bentuk umum yang biasa kita gunakan untuk menguraikan suatu daftar. Macam list dalam HTML adalah :

3.a. Unordered List (list tanpa nomor)

Adalah daftar yang setiap itemnya tidak diberi nomor, melainkan hanya berupa bullet saja; dapat berupa kotak atau bulat. Penulisannya dalam tag HTML menggunakan <ul type=”circle”>...</ul>.

3.b. Ordered List (list dengan nomor)

Adalah daftar yang setiap itemnya akan diberi nomor. Nomor tersebut dapat berupa angka, angka romawi maupun huruf. Penulisannya dalam tag HTML menggunakan <ol type=”A”>.......</ol>.

3.c. Definition List

Adalah list yang memberikan uraian terhadap suatu item yang terdapat di dalam daftar. Penulisannya dalam tag HTML menggunakan tag <dl> (def list), <dt> (def term), dan <dd> (def description).

 

4. Horizontal Rule

Sebuah garis dapat disisipkan dalam dokumen web, umumnya digunakan sebagai pemisah antar bagian atau paragraf. Tag <hr> disisipkan pada tempat garis akan disisipkan dalam dokumen.

 

5. Line Break

Kita dapat mengganti baris pada dokumen web. Ganti baris disini dimaksudkan hanya menyajikan informasi pada baris sendiri tetapi tidak berganti paragraf. Untuk menampilkan suatu teks ditampilkan pada baris yang baru dalam suatu paragraf, maka harus menggunakan tag <br> sebelum teks yang dimaksud dituliskan.

Dalam mempelajari sesuatu, sebaiknya kita mengenali dulu hal yang ingin kita pelajari. Baik itu mengenai konsepnya, elementnya, dan sebagainya. Sehingga saat kita masuk ke dunia praktek, kita sudah mempunyai modal utama mengenai hal tersebut.

Jadi bagi kamu yang ingin belajar mengenai HTML, teruslah belajar dan membaca. Semua terlihat sulit jika dipikirkan tetapi dengan mempelajari akan membuat lebih mudah.

Keep Fighting!

 

Sumber Lengkap :

Modul Pembuatan Web dengan HTML dari Pelatihan Web Abdimas

http://staffnew.uny.ac.id/upload/132309677/pendidikan/Dasar-dasar+HTML.pdf

https://teknojurnal.com/belajar-pemrograman-web-html-dasar/