Bosque, Bahasa Pemrograman Terbaru dari Microsoft

Bosque, Bahasa Pemrograman Terbaru dari Microsoft

Microsoft baru saja mengeluarkan bahasa pemrograman terbaru. Bahasa ini terdengar familiar di kalangan anak kekinian yaitu “Bosque”. Bagi kamu yang sering menonton Channel Youtube Baim Wong dan Paula (Bapau), mereka sering menggunakan istilah ini untuk menyebut para subscribernya. Maka tidak heran, saat Microsoft mengeluarkan bahasa pemrograman terbaru ini mudah dikenali dan terdengar familiar.

Lalu apa itu “Bosque” dari Microsoft? Simak Selengkapnya.

Bahasa pemrograman Bosque adalah proyek Microsoft Research yang menyelidiki desain bahasa untuk penulisan kode yang sederhana, jelas, dan mudah untuk dipikirkan baik untuk manusia maupun mesin. Fitur desain utama dari bahasa menyediakan cara untuk menghindari kompleksitas yang tidak disengaja dalam proses pengembangan dan pengkodean. Hasilnya adalah peningkatan produktivitas pengembang, peningkatan kualitas perangkat lunak, dan memungkinkan berbagai kompiler baru dan pengalaman pengembang perangkat. Terinspirasi sebagian oleh TypeScript dan sebagian oleh Node.js, Bosque adalah bahasa open source yang mencoba untuk menjaga hal-hal sederhana.

Ikhtisar fitur-fitur penting dan/atau unik dalam bahasa Bosque disediakan di bagian ikhtisar bahasa 0. Untuk melihat bagaimana bahasa bekerja dan mengalir secara besar, silakan lihat kode untuk program tic-tac-toe sederhana yang mendukung memperbarui papan dengan gerakan yang disediakan pengguna, membuat gerakan komputer otomatis, dan mengelola berbagai kondisi permainan.

Microsoft mengatakan bahwa salah satu tujuan utama Bosque adalah membuat kode yang mudah dibaca manusia dan mesin, menghilangkan "kerumitan tak disengaja".

Microsoft Research mengatakan, Bosque masih dalam tahap pengembangan, dan Microsoft ingin programmer untuk terlibat dan memberikan umpan balik. Perusahaan mengatakan bahwa bahasa "berasal dari kombinasi sintaks yang diinspirasikan TypeScript dan tipe plus ML dan Semantik yang diilhami Node / JavaScript", jadi ini akan memberi kemudahan orang untuk masuk didalamnya.

Hal-hal yang harus kamu ketahui mengenai “Bosque” menurut salah satu sumber:

  1. Lingkungan Produksi Belum Siap Untuk Menggunakan Bosque
    Bahasa pemrograman Bosque masih dalam eksperimental. Berikut ini pernyataan langsung dari repositori Bosque di Github:

    We do not recommend the use of the Bosque language for any production work and instead encourage experimentation only with small/experimental side projects at this point in time.
     
  2. Untuk Blok Perulangan Bosque Masih Tidak Memilikinya
    Biasanya yang ada pada bahasa pemrograman itu kita akan temukan blok perulangan seperti for, while, do/while dan repeat/until. Tapi di bahasa pemrograman Bosque kali ini masih tidak ada ya. Mungkin ini yang dimaksud untuk menghindari dari kecelakaan kompleksitas dengan cara menghapus penyebab kompleksitasnya tersebut. Coba saja untuk perhatikan dari perbandingan program perkalian elemen array yang satu ini :Pada bahasa pemrograman C, kita sudah membutuhkan perulangan untuk bisa mengalihkan setiap elemen array dengan dua. Sedangkan yang ada pada Bosque kita menggunakan map.
     
  3. Fungsi Input / Output Masih Belum Dimiliki BosqueMungkin ini nantinya yang akan menggunakan modal atau library sebagai dari tambahan untuk melakukan Input / Output.
     
  4. Bosque Baru Saja Lahir Alias Masih BayiSebagai bahasa pemrograman baru. Masih banyak sekali hal yang harus dibuat. Belum lagi nantinya kalau ada bugs atau error dan sebagainya.
     
  5. Dokumentasi Bosque Belum Sempurna / Lengkap
    Kurangnya referensi mengenai Bosque, membuat para programmer yang ingin mengetahui menjadi bingung. Mungkin karena masih baru dan masa pengembangan.
    Bagi pemula, ini pasti sangat terlihat ribet. Itulah dibutuhkan kontribusi dari para programmer dalam mengembangkan “Bosque” ini. Apakah kamu berniat untuk berkontribusi seperti yang pihak Microsoft katakan?

 

Sumber :

https://www.microsoft.com/en-us/research/project/bosque-programming-language/

https://github.com/Microsoft/BosqueLanguage

https://betanews.com/2019/04/20/microsoft-bosque/

http://www.belajarseojuara.com/2019/04/apa-itu-bahasa-pemrograman-bosque.html