Cara Cerdas Menggunakan Teknologi

Cara Cerdas Menggunakan Teknologi

Salah satu fungsi teknologi adalah diciptakan untuk memudahkan kegiatan manusia. Tentunya teknologi akan semakin bermanfaat jika si pengguna menggunakannya secara cerdas. Berdasarkan salah satu blog motivator pendidikan menjelaskan ada beberapa cara cerdas menggunakan teknologi dan internet dalam dunia pendidikan. Kali ini kita akan mengambil poin-poin nya dan menjabarkan secara umum cara cerdas menggunakan teknologi dan internet terutama dalam pendidikan dan juga bisa dipakai pada bidang lainnya. Berikut adalah cara cerdas dalam menggunakan teknologi dan internet :


1.       Gadget Sarana peningkatan kualitas diri bukan untuk gaya-gayaan

Gadget saat ini sudah menjadi pegangan disemua kalangan baik itu balita dan lanjut usia. Bagi siapapun yang mampu menggunakan nya dengan baik, maka gadget itu akan mempermudah kegiatannya sehari-hari salah satunya belajar dan mengajar. Penggunaan gadget sebenarnya tidak sebatas menghubungkan komunikasi jarak jauh, bermain game, foto-foto apalagi gaya-gayaan. Banyak sekarang penggunaan gadget yang sedang booming dan memiliki harga yang fantastis diminati beberapa kalangan. Tidak hanya sebatas keperluan tetapi ada juga sebagian dari mereka untuk gaya-gayaan atau demi gengsi semata.

Selain cara penggunaan yang disebutkan tadi, ternyata gadget dapat menjadi sarana peningkatan kualitas diri. Penggunaan gadget sebagai peningkatan kualitas diri tentunya didukung oleh pemakainya. Pemakai gadget yang cerdas akan dapat menggunakan gadget tidak hanya sebatas keinginannya saja, tetapi juga kebutuhannya. Seperti dalam dunia pendidikan, anggap saja pemakai gadget adalah seorang guru. Gadget tidak hanya menjadi alat dokumentasi belajar murid-muridnya, tetapi guru ini akan menggunakan gadget untuk mencari bahan ajar ataupun strategi belajar yang lebih baik untuk mendidik anak muridnya. Dengan referensi yang si guru ini dapatkan, maka dia akan meningkatkan dan mengaplikasikan cara belajar dengan kualitas yang lebih baik. Hal ini juga dapat dilakukan di berbagai profesi lainnya.

2.       Kecanggihan Teknologi jangan membuat anda menjadi generasi Copy Paste

Copy Paste sudah menjadi budaya bagi pelajar baik itu sekolah maupun universitas. Kebiasaan meng-copy paste ini bertambah memprihatinkan disaat si tukang copy ini tidak mencantumkan sumber referensi yang diambilnya, sehingga terjadilah plagiatrisme.

Sebenarnya salah satu fungsi copy paste ini untuk mempermudah manusia dalam memindahkan suatu dokumen/file tanpa mengetiknya kembali. Tapi, kebanyakan hal ini disalah gunakan oleh para pengguna teknologi. Jadi jika memang ingin mengambil data dari google, diharapkan mencantumkan sumbernya ya. Gunakan secara bijak copy paste sesuai fungsinya dan hindari tindakan plagiatrisme.

3.       Kreatif menggunakan fasilitas yang ada pada gadget sebagai media pembelajaran

Zaman dahulu belajar hanya didapatkan di sekolah. Pada saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat dijadikan sumber belajar para siswa salah satunya ruangguru. Jadi tidak ada alasan lagi untuk malas belajar dan sebagai pengajar guru juga dapat lebih kreatif sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.

Hal yang terpenting dan utama adalah tetap tidak bergantung kepada internet, tetapi juga didukung oleh media pembelajaran lain seperti membaca buku, belajar bermain dan juga bersosialisasi.

4.       Cerdas menggunakan media sosial untuk berbagi inspirasi

Media sosial tidak hanya digunakan untuk membuat status dan berbagi foto. Gunakan secara bijak media sosial. Filter hal-hal yang seharusnya dipublikasi dan tidak pantas untuk dipublikasi. Jangan sampai hal yang kita publikasi dapat menjadi celaan dan tidak patut dilihat public. Karena pengguna media sosial saat ini bukannya hanya pengguna berumur diatas 17 tahun, tetapi juga banyak anak di bawah umur.


Nah, sebagai orang tua kita juga harus mengawasi putra-putri kita dalam menggunakan media sosial. Jangan sampai mereka terjerumus dengan hal yang tidak baik. Karena usia dewasa pun terkadang masih labil dalam  mengambil keputusan/berpikir apalagi anak-anak yang sebagian besar belum dapat menstabilkan emosi dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

5.       Kreatif menggunakan Fasilitas Gratis yang ada di internet


Internet telah menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan secara gratis salah satunya Gmail. Gmail dapat digunakan untuk mengakses ke semua produk Google lainnya seperti mengirim dan menerima pesan serta gambar dengan jumlah banyak melalui email dan akun gmail dan digunakan untuk membuat akun YouTube dan anda bisa upload video anda sendiri ke akun Youtube anda sendiri.

6.       Berbagi video dan materi pembelajaran lewat fasilitas gratis di internet

Agar menjadi bermanfaat bagi orang lain, maka kita juga harus membuat hal yang bermanfaat. Salah satunya memberikan materi pembelajaran secara gratis di internet, seperti melalui Youtube. Kita contohkan saja guru, mereka memiliki waktu yang singkat sehingga tidak dapat menjelaskan secara detail mengenai sebuah materi dalam satu waktu. Dengan membagikannya via video bisa menjadi bahan pelajaran jangka panjang, tentunya tidak hanya murid di sekolahnya tetapi untuk murid di tempat lainnya.

7.      Blog Sebagai media pembelajaran yang mengasikan

Bagi kamu yang suka menulis baik itu tulisan dibidang apapun, kamu bisa menyalurkan bakatmu melalui blog. Tentu saja hal ini juga dilakukan dengan kreatif dan konsisten, agar blog kamu tidak menjadi sarang laba-laba dan tidak ada manfaatnya. Sekilas mengenai cara pembuatan blog dari referensi salah satu blog :

  • Pertama-tama buka situs Blogger.com kemudian login ke akun Anda dan pilih blog yang akan ditambahkan halaman.

  • Berikutnya klik Laman – Laman baru.

  • Sesampainya di halaman berikutnya, Anda diminta untuk mengisi nama halaman dan deskripsinya. Sesuaikan isi dengan jenis halaman yang ingin Anda buat. Setelah selesai, klik Publikasikan.

  • Ulangi langkah di atas jika Anda ingin membuat lebih dari satu halaman.

  • Setelah dirasa cukup, sekarang saatnya menampilkan laman-laman tersebut di interface blog. Caranya klik Tata letak/Layout dan klik Tambahkan Gadget/Add Widget.

  • Di jendela popup baru temukan opsi Laman dan klik ikon plus di sampingnya. Lalu beri tanda centang di laman yang ingin ditampilkan, dan terakhir klik Simpan.

  • Saat ini gadget sudah berhasil ditambahkan ke layout, tapi posisinya berada di sisi blog. Jika Anda tidak menginginkan posisi tersebut, tarik gadget Halaman ke posisi di bawah header agar letaknya nanti ada di baris menu horizontal. Tetapi jika Anda tak mempermasalahkan posisi, maka cukup simpan setelan dan lihat perubahannya.

  • Kita sudah berhasil membuat halaman baru di Blogspot.

8.       Ciptakan branding mu yang mendunia hanya lewat genggaman tangan

Tidak ada salahnya menggunakan teknologi untuk membuat brand kamu sendiri. Tentunya untuk membuat brand kamu harus belajar banyak hal salah satu membuat program. Jika telah mempelajarinya, tentu akan mempermudah kita untuk membuat brand yang bagus dan mendunia.

9.       Produktif menggunakan internet kreatif menghadirkan peluang rezeki tambahan

Cara cerdas dalam menggunakan teknologi tentunya tidak hanya digunakan sebagai pelaku konsumtif tetapi juga produktif. Di samping kita telah terbantu dengan kecanggihan teknologi dalam kegiatan sehari-hari, kita juga dapat menambah rezeki dengan memanfaat kecanggihan teknologi ini seperti bisnis online atau pun peluang bisnis lainnya.

Nah, itu ada poin-poin cara cerdas dalam memanfaatkan teknologi versi motivator pendidikan yang kami jabarkan kembali. Untuk sumber lebih lengkapnya dapat dilihat pada website di bawah ini.

 

Sumber :

Google images

http://motivatorpendidikan.com/index.php/2016/02/11/10-cara-cerdas-memanfaatkan-teknologi-dan-internet-dalam-dunia-pendidikan/

http://manyoenpengalaman.blogspot.com/2017/01/pengertian-gmail-fungsi-gmail-dan-cara.html

https://dailysocial.id/post/cara-membuat-halaman-baru-di-blogspot