Cara Install Composer di Windows dan Linux Serta Cara Menggunakannya

Cara Install Composer di Windows dan Linux Serta Cara Menggunakannya

Composer adalah sebuah tools package manager untuk bahasa pemograman PHP yang membantu developer dalam mengelola package yang akan digunakan dalam proyeknya. dengan menggunakan Composer, kita akan dengan mudah mengelola dependency (libraries) yang diperlukan aplikasi php mulai dari download, pengaturan, autoload hingga update dependency, semuanya dengan mudah dapat dilakukan dengan bantuan composer.

 

Cara Install Composer di Windows

Untuk melakukan instalasi composer sangat mudah. silahkan menuju langsung ke situs https://getcomposer.org/ dan pada halaman download anda bisa langsung mendownload installer composer untuk OS windows.

Sebelum menginstall composer, pastikan anda sudah menginstall PHP pada komputer anda, boleh melakukan instalasi satu persatu atau melakukan instalasi melalui software paket distribusi seperti XAMPP, WAMP atau lain nya. Kalau sudah silahkan pilih lokasi php.exe dan klik next untuk melakukan proses instalasi.

Setelah selesai mendowload silahkan double klik pada file Composer-Setup.exe dan nanti akan muncul jendela composer setup, silahkan klik next untuk melakukan proses instalasi.

 

Cara Install Composer di Linux Ubuntu

Lakukan update Linux Dependencies package terlebih dulu dengan perintah di bawah ini:

$ sudo apt-get update

Kita membutuhkan tool curl untuk mengdownload composer package dan php5-cli untuk menginstall dan menjalankan composer dan juga git yang digunakan composer untuk download dependency projek. Semua tool diatas dapat di install dengan sebari perintah di bawah ini :

$ sudo apt-get install curl php5-cli git

Seleteh itu, download composer dan langsung install setelah selesai dengan pertintah berikut:

$ curl -sS https://getcomposer.org/installer | sudo php -- --install-dir=/usr/local/bin --filename=composer

 

Cara Install Composer di Linux CentOS

Pertama, pindah dulu ke folder /tmp

# cd /tmp

Download file composer.phar

# curl -sS https://getcomposer.org/installer | php

Pindah ke folder /usr/local/bin/

# mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan command composer secara global.
 

Silahkan tunggu sampai proses instalasi selesai, kalau sudah selesai silahkan klik finish. untuk melakukan pengecekan apakah composer sudah terinstall atau belum, silahkan buka command prompt anda dan ketikkan:

composer -v

Jika sukses maka akan muncul versi composer yang sudah di install.

 

Cara Menggunakan Composer

Ada beberapa cara dalam menginstall script atau library PHP menggunakan composer.

Cara Pertama

Misalnya anda ingin menginstall library fpdf, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari library ini pada situs packagist.org. setelah itu silahkan buka CMD dan arahkan ke folder proyek tempat library ini akan disimpan, setelah itu ketik:

composer require itbz/fpdf
 
Cara Kedua

Trik kali ini lebih baik anda gunakan jika anda ingin menginstall beberapa library sekaligus. saya asumsikan anda akan menginstall library yang sama seperti di atas, silahkan buat sebuah file baru dengan nama composer.json dan ketiklah perintah dibawah ini :

{
    "require": {
        "itbz/fpdf": "dev-master"
    }
}

 

Setelah menginstall, silahkan cek folder proyek anda, nati akan muncul sebuah folder baru bernama vendor yang berisi library yang anda install tadi.