Cara Install NODE Js dan NPM Terbaru di Windows, Mac, dan Linux

Cara Install NODE Js dan NPM Terbaru di Windows, Mac, dan Linux

Buat kalian yang sudah mau install Node.js pastinya sudah tau dengan yang namanya Javascript. JavaScript sebagai client side scripting, sekarang JavaScript sudah ada untuk server side scriptingnya juga. Sekarang kamu bisa membuat server side scripting menggunakan JavaScript atau Node.JS

Di Node.js dikenal juga yang namanya NPM (Node Package Manager), yaitu managemen paket librari untuk Node.js. NPM memudahkan pengembang untuk membagikan librari dan aplikasi node, sehingga orang lain dapat dengan mudah memasang dan mencopot librari pada programnya.

Adapun cara instalasi Node.js sebenernya langkah-langkahnya sudah dijelaskan di websitenya Node.js sendiri. Tapi pada tulisan ini akan dijelaskan langkah-langkah praktis instalasi Node.js untuk Windows, Mac, dan Linux.

Instalasi Node.js di Windows

Untuk instalasi di Windows, Kamu cukup mengunduh installer yang telah disediakan untuk Windows. Buka halaman download Node.js dan klik tautan unduhan untuk Windows Installer. Jalankan installer dan ikuti panduannya seperti menginstal aplikasi lainnya pada Windows. Centang setuju dan tinggal next-next aja.

Instalasi Node.js di Mac OS

Sama seperti di Windows, untuk instalasi di Mac OS pun Kamu cukup mengunduh installer yang telah disediakan untuk Mac OS. Buka halaman download Node.js dan klik tautan unduhan untuk Macintosh Installer. Jalankan installer dan ikuti panduannya seperti menginstal aplikasi pada umumnya.

Instalasi Pada Linux berbasis Ubuntu dan Debian

Untuk instalasi di Ubuntu, lebih mudah menggunakan Package Manager. Langkah-langkah berikut dapat diterapkan pada Ubuntu 14.04 LTS ke atas dan Debian 8 ke atas. Selain itu juga dapat diterapkan pada distribusi turunannya seperti Linux Mint 17, Elementary OS Freya dan Trisquel 7.

Pada terminal jalankan perintah berikut:

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_4.x | sudo -E bash - sudo apt-get install -y nodejs sudo apt-get install -y build-essential

Adapun untuk instalasi di distribusi linux lainnya, Kamu bisa merujuk ke halaman panduan instalasi langsung di website Node.js disini.

Cek Hasil Instalasi

Untuk memastikan NodeJS sudah terinstal dengan baik dan sudah terdaftar di path (untuk Windows), buka jendela baru terminal atau cmd lalu ketikkan perintah berikut:

node -v

npm -v

Kedua perintah di atas berfungsi untuk mengecek nomor versi  nodejs dan npm. Apabila nomor versi muncul maka itu artinya nodejs dan npm sudah siap digunakan.