Cara Install Ubuntu 18.04 LTS

Cara Install Ubuntu 18.04 LTS

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasis Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas.

Ubuntu ditawarkan dalam tiga edisi resmi: Ubuntu Desktop untuk komputer pribadi, Ubuntu Server untuk server[11] dan komputasi awan, dan Ubuntu Core untuk "Internet untuk Segala", perangkat kecil dan robot. Versi baru Ubuntu dengan dukungan standar dirilis tujuh bulan sekali, sementara untuk versi dukungan jangka-panjang (LTS) dirilis dua tahun sekali. Rilis terbaru Ubuntu dengan dukungan standar adalah 18.10 (Cosmic Cuttlefish) sementara untuk versi LTS adalah 18.04 (Bionic Beaver), yang mendapat tambahan jangka waktu dukungan hingga 10 tahun, tidak seperti versi LTS lain yang mendapat dukungan hingga lima tahun saja.

Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama" Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Dari banyak kegunaan dan keistimewaan Ubuntu, ternyata masih ada sebagian orang yang kurang memahami bagaimana cara menginstall Ubuntu yang benar. Akibatnya terjadilah kegagalan dan rasa penasaran.

Maka dari itu, kali ini kita akan mengulas mengenai cara menginstall Ubuntu 18.04 LTS dari beberapa sumber.

Cara Install Ubuntu 18.04 LTS

1. Langkah pertama yaitu dowload Ubuntu 18.04 dari situs resmi ubuntu.com

2. Setelah itu, buat sebuah bootable flashdisk menggunakan Etcher.

3. Lalu hubungkan flashdisk ke laptop atau komputer. Kemudian nyalakan laptop dan boot ke flashdisk dengan menyentuh tombol F7, F11, atau F12 tergantung dari tipe laptop yang digunakan.

4. Kalau sudah maka laptop akan booting menggunakan flashdisk yang berisi Ubuntu tadi.

5. Langkah pertama adalah klik tombol “Install Ubuntu”. Atau kamu juga bisa mencoba dulu Ubuntu melalui live session dengan klik tombol “Try Ubuntu”.

6. Berikutnya pilih bahasa yang ingin digunakan. Saya sarankan untuk gunakan bahasa Inggris saja. Tapi kalau kamu ingin menggunakan bahasa lainnya juga tidak apa. Kemudian klik “Continue”.

7. Di sini ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih. Yaitu “Normal installation” dan “Minimal installation”. Silahkan pilih “Normal installation” jika kamu ingin menginstall Ubuntu 18.04 dengan semua software standar yang terdapat di dalamnya. Jika kamu ingin menginstall Ubuntu 18.04 dengan software dasarnya saja, maka pilih saja “Minimal installation”. Kalau sudah memilih, kemudian klik tombol “Continue”.

8. Berikutnya saya asumsikan bahwa laptop kamu hanya memiliki satu partisi hard disk. Maka pilih opsi “Erase disk and install Ubuntu”, kemudian klik tombol “Install Now”. Kalau kamu ingin membuat partisi, silahkan centang pilihan “Something else” lalu pilih di partisi mana Ubuntu 18.04 ingin di install.

Cara Install Ubuntu 18.04 (Panduan Lengkap)

9. Kemudian akan muncul jendela kecil berisi konfirmasi apakah kamu benar-benar ingin menginstall Ubuntu 18.04 pada partisi yang diinginkan atau tidak. Klik tombol “Continue”.

Cara Install Ubuntu 18.04 (Panduan Lengkap)

10. Selanjutnya pilih lokasi dimana kita berada. Biasanya Ubuntu 18.04 dapat mendeteksi lokasi secara akurat hingga tingkat kota. Tapi kalau lokasinya tidak sesuai, kamu bisa sesuaikan sendiri agar akurat. Kemudian klik tombol “Continue” lagi.

Cara Install Ubuntu 18.04 (Panduan Lengkap)

11. Berikutnya isikan beberapa informasi mengenai diri kita yang akan digunakan untuk login ke dalam laptop. Mulai dari nama, nama laptop, username, hingga password. Di sini kamu juga bisa memilih opsi apakah ingin otomatis login atau tidak. Kalau sudah di isi semuanya klik tombol “Continue”.

Cara Install Ubuntu 18.04 (Panduan Lengkap)

12. Maka proses installasi Ubuntu 18.04 sudah dimulai. Kini sistem sedang “ditanam” ke dalam hard disk laptop kamu. Kamu bisa lihat progres nya pada garis berwarna oren yang terletak dibawah.

Cara Install Ubuntu 18.04 (Panduan Lengkap)

13. Kalau proses installasi Ubuntu 18.04 sudah selesai, maka akan tampil notifikasi berbunyi “Installation is complete. You need to restart the computer in order to use the new installation”. Klik saja tombol “Restart Now”.

Cara Install Ubuntu 18.04 (Panduan Lengkap)

14. Laptop kamu kemudian akan restart. Setelah restart kamu bisa login dengan cara klik nama seperti yang kamu buat. Terlihat seperti gambar dibawah ini.

Cara Install Ubuntu 18.04 (Panduan Lengkap)

15. Setelah login maka ubuntu kamu sudah bisa digunakan. Berikut adalah tampilannya.

 

Untuk mengetahui apapun tentang ubuntu lainnya, kamu juga bisa kunjungi website yang tertera pada sumber. Selamat mencoba.

 

Sumber :

https://androbuntu.com/2018/09/28/cara-install-ubuntu-18-04/

https://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu#Sejarah_dan_Pengembangan