Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Gratis

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Gratis

Banyak perusahaan yang menawarkan jasa email gratis, namun hanya beberapa saja yang menawarkan email gratis dengan domain anda sendiri. Jika ada pasti ada limitasi dari jasa tersebut. Seperti ZOHO Mail yang menawarkan email gratis dengan domain sendiri namun dibatasi hanya 5 akun saja. Selain ZOHO ada juga Yandex.com.

Sebelum masuk ke pembahasan, pasti ada yang bertanya. Kenapa sih harus pakai email dengan domain sendiri?

  • Jika anda membuat email dengan [email protected] maka pandangan orang atau klien anda tentunya adalah kesan profesionalisme.
  • Jika anda punya email perusahaan atau usaha dengan domain anda, maka klien anda akan menganggap email anda akan mewakili perusahaan anda.

Kali ini Doavers akan menjabarkan cara membuat email dengan domain sendiri gratis dengan zoho mail. Zoho mail menawarkan email gratis dengan domain sendiri.

Pasti anda bertanya lagi, hal apa saja yang harus disiapkan?

  1. Anda harus sudah punya domain sendiri yang sudah aktif.
  2. Memiliki domain panel untuk konfigurasi DNS record atau MX record. Umumnya menggunakan cPanel
  3. Mendaftar ke ZOHO Mail

 

Langkah Konfigurasi Email Zoho


Pilih Sign Up di Paket Free. 


 

  • Isikan nama Domain, dan data-data anda (termasuk nomor hape untuk verifikasi) . Dalam contoh kali ini, kita coba daftarkan dengan domain Websindo.com

Administrator Account akan berfungsi sebagai akun untuk administrator email seperti menambah user, memulihkan password, atau menghapus user.

  • Masukkan kode yang didapat dari sms, untuk verifikasi.

  • Pendaftaran berhasil! Lanjutkan dengan konfigurasi domain untuk email anda. Klik tautan Proceed to verify domain ownership.

  • Perhatikan Name dan Value dalam tabel berikut ini. 


Buka Cpanel Domain anda, kemudian akses ke Simple DNS Zone Editor. 


Yang anda lakukan hanya memasukkan Name dan Value dalam tabel diatas ke isian CNAME. Kemudian Add CNAME Record.


Kembali ke halaman Verifikasi Domain Zoho, setelah melakukan perubahan CNAME di Domain panel, maka langkah selanjutnya adalah klik tombol Verify by CNAME.
NOTE : Proses propagasi DNS (CNAME) memerlukan waktu antara beberapa menit tergantung kemampuan server hosting nya. Jika setelah di verifikasi, ternyata domain belum verified, tunggu beberapa saat kemudian lakukan verify lagi.


  • Setelah terverifikasi, langkah selanjutnya adalah menentukan user email. Dalam contoh kita beri nama akun "andimicro".



  • Tambahkan User lain jika diinginkan. Hal ini juga dapat dilakukan di kemudian saat setelah semua proses implementasi selesai.

  • Tambahkan Group jika diinginkan. Hal ini juga dapat dilakukan di kemudian saat setelah semua proses implementasi selesai.

  • Halaman Konfigurasi email. Perhatikan tabel MX Record yang ada disana.


Buka Cpanel, dan akses menu Mail - MX Entry


NOTE : Sebelum mengisi MX Record yang baru dari Zoho, PASTIKAN daftar MX Record yang lama, yang sebelumnya ada dari Hosting, sudah DIHAPUS semua!
Isikan MX Record sesuai tabel diatas. 



NOTE : Setelah proses input MX Record, perlu waktu beberapa menit sampai beberapa jam untuk resolved. Selama MX record belum resolved, anda tidak dapat menerima email atau mengirim email melalui akun Zoho. Tunggu hingga proses resolved MX Record berhasil, sebelum menggunakan email Zoho.

  • Lanjutkan proses selanjutnya pilih Next atau Skip, sampai proses terakhir.

  • Anda dapat masuk ke akun email dari alamathttps://mail.zoho.com. 



  • Khusus untuk akun administrator , dapat mengelola control panel email antara lain untuk melakukan re-konfigurasi, membuat/menghapus akun, mengganti password, dll.


Zohomail juga menyediakan Mobile apps di Android dan Iphone, yaitu Zoho Mail untuk akses email via mobile dan Zoho Mail Admin khusus untuk akun admin yang dapat mengelola user. Untuk android silahkan download di Google Playstore.


Apps Zoho Mail



Apps Zoho Mail Admin


Selamat Mencoba