Cara menggunakan Whatsapp Bisnis untuk Olshop

Cara menggunakan Whatsapp Bisnis untuk Olshop

Semakin pesatnya perkembangan teknologi menciptakan berbagai inovasi terbaru. Kali ini yang akan kita bahas mengenai penggunaan WhatsApp Business pada Online Shop. Tidak cukup hanya menggunakan WhatsApp biasa, untuk mempermudah transaksi jual beli di Play Store telah ada aplikasi yang khusus untuk pebisnis. Sebenarnya penggunaan WA Bisnis ini hampir sama dengan WA biasa, namun ada beberapa settingan yang tidak dimiliki oleh WhatsApp. Seperti Quick Replies, Greeting dan beberapa pengaturan lainnya.

Berikut adalah kelebihan WA bisnis dan cara menggunakan WhatsApp Business yang harus diketahui :

  1. Cara install WA Bisnis hampir sama dengan WA Biasa, menggunakan nomor hp, verifikasi nomor dan berikan nama toko serta foto ikon toko.
  2. Setelah selesai verifikasi nomor yang digunakan untuk berhubungan dengan konsumen, kamu dapat menggunakan settingan WA Bisnis lainnya untuk mempermudah konsumen mencari info, dan juga dapat mempercepat interaksi antara penjual dan pembeli.
  3. Nah, jadi untuk meletakan Profil bisnis, seperti alamat, kategori bisnis, jam buka dan alamat web bisa diubah dan ditambahkan dengan mengakses menu Settings – Business Settings. 

 

Jadi pada pengaturan WA Bisnis inilah yang membedakan dia dengan WA biasa. Berikut adalah perbedaannya :

  1. Informasi Toko

Jadi, WA bisnis menyediakan kolom untuk kita mendeskripsikan alamat Toko Online yang dijalankan penjual. Alamat itu juga bisa kita sesuaikan dengan Google Map, agar konsumen mudah mencari alamatnya jika hendak berkunjung.Screenshot_2018-01-22-11-48-56-672_com.whatsapp.w4b

Selain itu, pada Informasi toko ini penjual juga bisa memilih kategori ada bisnis tersebut apakah ritel, kesehatan atau yang lainnya.

Pada kolom Business Description, penjual juga bisa memberikan gambaran mengenai hal yang perlu diketahui konsumen seperti jam fast respon dan juga informasi lainnya yang harus diketahui konsumen.

Nah ada lagi yang namanya Business hours. Pada kolom ini, penjual dapat mengatur jam kerja toko nya. Agar konsumen tahu jam berapa toko online dan jam berapa toko tutup.

Terakhir, ada alamat email. Pada kolom ini, penjual bisa meletakkan email ataupun link toko online yang bisa membuat konsumen bertanya dan melihat produk yang dijual. BIasanya, toko online memiliki tautan yang langsung menghantarkan konsumen melihat toko ataupun produk yang ready pada saat itu.

  1. Statistik

Perbedaan selanjutnya ada pada segi statistik. Pada WA biasa pesan masuk dan keluar tidak bisa dipantau. Nah, pada WA bisnis itu, keluar masuk pesan dapat dilihat statistiknya.

 

Pada kolom Statistik ini, pesan terkirim, tersampaikan, dibaca dan diterima dapat dilihat pergerakannya. Dari statistik pesan ini kita dapat tahu interaksi antara penjual dan pembeli sinkron atau berbeda jauh. Sehingga penjual dapat memeriksa kembali chat pelanggan sebelumnya dan melakukan follow up konsumen untuk menjalin  komunikasi jual beli.

 

 

 

 

 

  1. Quick Replies atau respon balasan cepat

 

Perlunya fast respon bagi penjual akan mempengaruhi kinerja toko online dalam melayani konsumen. Kecepatan dan keramahan CS online shop akan membuat konsumen memutuskan membeli atau tidak. Untuk memaksimalkan proses tanya jawab antara penjual dan pembeli, WA bisnis menyediakan pengaturan Balas Cepat. 

 

Karena siklus tanya jawab antara penjual dan pembeli itu akan seputar produk dan harga, maka penjual bisa mengatur Balas Cepat dengan informasi yang dianggap sering ditanya konsumen.

 

Caranya  adalah sebagai berikut :

 

-Tekan tanda tambah hijau di pojok bawah untuk menambahkan pesan yang akan disampaikan.

 

- Tambahkan pesan-pesan yang jelas dan jangan berbelit-belit

- Setelah selesai menambahkan pesan, dan pengaturan tanda kunci keyboard maka cara menggunakannya adalah dengan menekan ‘garis miring’ / pada kolom chat dan kata kunci misalnya untuk harga produk berarti /harga maka akan keluar pesan cepat yang telah ditulis, lalu enter. Jadi kita tidak perlu repot lagi mengetik panjang-panjang saat konsumen bertanya.

 

  1. Pesan Salam

Selanjutnya ada sapaan atau ucapan selamat saat ada konsumen menghampiri chat via WA Bisnis kita. Jadi jika seandainya kita dalam kondisi banyak pesanan atau ada kegiatan lain yang membuat penjual tidak dapat membalas sapaan  konsumen, maka WA Bisnis menyediakan kolom Salam untuk mempermudahnya.

 

Dilihat pada gambar di samping, maka disana ada pengaturan yang pertama tentang pengiriman salam kamu bisa tekan tombol nya hingga hijau (ON) untuk  mengaktifkannya,

 

Lalu pada kolom Salam, kamu bisa membuat pesan sapaan versi toko online mu.

 

 

Selanjutnya ada tentang penerima, kamu bisa setting penerima Salam itu ke semua orang atau yang lainnya pada settingan tersebut.

 

Jangan lupa tekan ‘simpan’ untuk menyelesaikan settingan agar pengaturan tersebut tersimpan di WA Bisnismu.

 

  1. Atur jadwal balasan pesan di luar jam kerja

Selanjutnya, ada pengaturan mengenai balasan cepat pada luar jam kerja. Nah disini kamu juga bisa mengatur jam buka dan tutup layanan toko dan memberikan pesan untuk konsumen yang sudah terlanjur masuk ke WA Bisnismu.

 

Contoh pesannya seperti :

 

“Selamat malam, Kak. Mohon maaf kak, toko kami sudah tutup dan buka layanan kembali pada pukul 08.00 WIB. Nanti kami akan menghubungi kakak saat jam kerja, Selamat beristirahat Kak.”

Pada kolom ini, kita bisa mengatur pesan apa yang akan disampaikan serta mengatur jadwal jam untuk mengirim pesan tersebut sesuai dengan buka dan tutup toko online tersebut. Selanjutnya juga bisa diatur mengenai penerima pesan.

Sebenarnya kecanggihan teknologi dapat sangat bermanfaat tergantung kekreatifan si pengguna dan mengolah dan mencari tahu mengenai teknologi tersebut. Penjabaran mengenai WA Bisnis di atas merupakan salah satu cara memanfaatkan teknologi untuk memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli. Sebenarnya tidak hanya sebatas yang telah dituliskan, masih ada banyak lagi kegunaan WA Bisnis yang bisa digunakan bagi pebisnis. Selamat mencoba.

Sumber :

https://dailysocial.id/post/10-tips-dan-trik-menggunakan-whatsapp-business