Fakta Sinar Biru dari Layar Gadget

Fakta Sinar Biru dari Layar Gadget

Penggunaan gadget atau teknologi digital secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan mata penggunanya. Salah satunya blue light dapat menyebabkan radiasi bahkan kebutaan jika pengguna terus menerus berinteraksi dengan cahaya biru.

Fakta Sinar Biru dari Layar Gadget

Beberapa poin penting mengenai cahaya biru yaitu:

1. Cahaya biru ada di mana-mana.

Sinar biru yang diketahui juga sebagai High Energy Lift (HEV). Cahaya biru buatan manusia di dalam ruangan, terutama, layar tampilan komputer, notebook dan sebagainya. Jumlah cahaya HEV yang dipancarkan perangkat ini hanya sebagian kecil dari yang dipancarkan oleh matahari. Tetapi jumlah waktu yang dihabiskan orang menggunakan perangkat ini dan kedekatan layar ini dengan membuat efek pada kesehatan mata

2. Sinar cahaya HEV membuat langit terlihat biru.

Sinar cahaya dengan panjang gelombang pendek dan berenergi tinggi pada ujung biru dari spektrum cahaya tampak tersebar lebih mudah daripada sinar cahaya tampak lainnya ketika mereka menyerang molekul udara dan air di atmosfer. Tingkat hamburan sinar yang lebih tinggi inilah yang membuat langit tanpa awan tampak biru.

3. Mata tidak pandai memblokir cahaya biru.

Struktur anterior mata manusia dewasa (kornea dan lensa) sangat efektif dalam menghalangi sinar UV dari mencapai retina peka cahaya di bagian belakang bola mata. Faktanya, kurang dari satu persen radiasi UV dari matahari mencapai retina, bahkan jika Anda tidak mengenakan kacamata hitam.

Namun, perlu diingat bahwa kacamata hitam yang menghalangi 100 persen UV sangat penting untuk melindungi bagian mata ini dan bagian lainnya dari kerusakan yang dapat menyebabkan katarak, kebutaan salju, pinguecula dan / atau pterygium, dan bahkan kanker.

Di sisi lain, hampir semua cahaya biru yang terlihat melewati kornea dan lensa dan mencapai retina.

4. Paparan sinar biru dapat meningkatkan risiko degenerasi makula.

Fakta bahwa cahaya biru menembus sampai ke retina (lapisan dalam belakang mata) adalah penting, karena penelitian laboratorium menunjukkan bahwa terlalu banyak terpapar cahaya biru dapat merusak sel-sel peka cahaya di retina. Ini menyebabkan perubahan yang menyerupai degenerasi makula, yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan permanen.

5. Cahaya biru berkontribusi terhadap ketegangan mata digital.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lensa yang menghalangi cahaya biru dengan panjang gelombang kurang dari 450 nm (cahaya biru-ungu) meningkatkan kontras secara signifikan. Oleh karena itu, kacamata komputer dengan lensa berwarna kuning dapat meningkatkan kenyamanan saat Anda melihat perangkat digital untuk jangka waktu yang lama.

6. Perlindungan cahaya biru bahkan mungkin lebih penting setelah operasi katarak.

Lensa pada mata manusia dewasa menghalangi hampir 100 persen sinar UV matahari. Sebagai bagian dari proses penuaan normal, lensa alami mata pada akhirnya memblokir beberapa cahaya biru dengan panjang gelombang pendek - jenis cahaya biru yang paling mungkin menyebabkan kerusakan pada retina dan menyebabkan degenerasi makula dan kehilangan penglihatan.

7. Tidak semua cahaya biru buruk.

Cahaya biru sangat penting dalam mengatur ritme sirkadian - bangun alami dan siklus tidur tubuh. Paparan sinar biru pada jam-jam siang hari membantu mempertahankan ritme sirkadian yang sehat. Tetapi terlalu banyak cahaya biru larut malam (membaca novel di komputer tablet atau e-reader saat tidur, misalnya) dapat mengganggu siklus ini, berpotensi menyebabkan malam tanpa tidur dan kelelahan di siang hari.

Antisipasinya

Penggunaan filter dan mengkonsumsi vitamin dapat mengantisipasi radiasi cahaya biru terhadap mata. Contoh-contoh filter cahaya biru untuk perangkat digital meliputi: Eyesafe (Health-E), iLLumiShield, RetinaShield (Tech Armor), Retina Armor (Tektide), Frabicon dan Cyxus.

Tanyakan kepada dokter mata atau ahli kacamata tentang jenis koreksi penglihatan dan fitur lensa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda untuk melihat komputer dan perangkat digital lainnya dan melindungi mata Anda dari cahaya biru.

Full Reference in English version : https://www.allaboutvision.com/cvs/blue-light.htm