Fitur Terbaru pada Android Q dari Google

Fitur Terbaru pada Android Q dari Google

Sistem baru yang dikeluarkan Google sedang hangat diperbincangkan yaitu Android Q. Beberapa Youtuber juga ada yang review  mengenai sistem terbaru ini. 

 

Sebelum kita membahas mengenai fitur Android Q, mari kita flashback sebentar mengenai perkenalan pertama kali Android Q oleh Google. Dalam ajang tahunan beberapa waktu lalu, Google I/O yang digelar di Shoreline Amphitheater, California, Amerika Serikat, Google resmi memperkenalkan sistem operasi Android Q. Meski belum versi final, Google telah memastikan serangkaian fitur yang akan hadir pada Android Q ini. Menurut Stephanie Cuth berston, perwakilan Google yang memperkenalkan Android Q di atas panggung I/O, Android Q akan mendukung sejumlah fitur baru yang akan diadopsi oleh smartphone keluaran 2019.

Android Q menghadirkan sejumlah fitur privasi dan keamanan tambahan bagi pengguna, serta peningkatan untuk perangkat layar lipat, API baru untuk konektivitas, codec media baru, kemampuan kamera, ekstensi NNAPI, Nulkan, dukungan Vulkan 1.1, dan pembukaan aplikasi yang lebih cepat.

Android Q telah dirancang dengan keamanan dan privasi sebagai hal utama. Dengan semakin matangnya Android, Google telah menambahkan berbagai fitur untuk melindungi pengguna, seperti enkripsi berbasis file, kontrol OS yang menempatkan aplikasi harus meminta izin ketika mengakses sumber daya sensitif.

Kemudian mengunci akses latar belakang kamera/mik, mode penguncian, cadangan terenkripsi, dan Google Play Protect yang memindai lebih dari 50 miliar aplikasi dalam sehari untuk memastikan aplikasi itu aman bagi sistem ponsel pengguna.

Berikut daftar lengkap smartphone yang akan kebagian Android Q hingga akhir tahun ini.

ASUS ZenFone 5z

OnePlus 6T

Xiaomi Mi 9 

Xiaomi Mi Mix 3 5G 

Nokia 8.1 

LG G8 

Essential Phone 

Huawei Mate 20 Pro 

Sony Xperia XZ3 

OPPO Reno 

Tecno Spark 3 Pro 

Realme 3 Pro 

Vivo X27 

Vivo NEX S

Vivo NEX A 

Google Pixel 

Pixel XL 

Pixel 2 

Pixel 2 XL 

Pixel 3 

Pixel 3 XL

Selain memantapkan fitur privasi dan keamanan, berikut adalah sekilas mengenai fitur Android Q :

1. Dark mode terbaru

Di Android Q, Google telah menyempurnakan dark mode. Elemen putih akan menjadi abu-abu gelap dan bahkan akan ada beberapa elemen, seperti notifikasi dan menu yang akan menjadi hitam.

2. Notifikasi

Fitur terbaru Android Q selanjutnya, memungkinkan kamu untuk mengabaikan notifikasi dengan swipe ke kanan.

Sebelumnya, dengan swipe kiri atau kanan, kamu sudah dapat mengabaikan notifikasi, tapi kini jika kamu swipe ke kiri akan memunculkan opsi pemberitahuan.

3. Opsi notifikasi yang lebih banyak

Fitur terbaru Android Q berikutnya adalah opsi notifikasi yang lebih banyak, yakni Block, Show Silently, dan Keep Alerting.

4. Memiliki banyak pilihan tema yang menarik

5. Mengakses sistem akan lebih mudah

Beberapa aplikasi di Android Q dapat dengan mudah diakses setelah kita tutup dan  apabila dibuka kembali dapat langsung ke layar yang sebelumya.

6. Membagikan Jaringan Wifi dengan QR Code

7. Ada mode desktop

Kemudian, Android Q juga menghadirkan fitur desktop mode atau mode desktop. Kamu tau Samsung Dex, kan, sebuah alat yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan layar di HP dengan PC. Android Q akan memunculkan fitur serupa namun tanpa memerlukan alat tambahan seperti Samsung Dex. 

8. Sistem operasi Android Q dapat digunakan HP layar lipat

9. Efek foto yang maksimal

10. Dapat meng- Undo atau membatalkan menghapus item dari Home Screen.

 

Sebenarnya masih banyak lagi fitur hebat lainnya yang ada pada sistem android Q. Untuk lebih tahu selengkapnya kita harus mencobanya sendiri.

Gimana sudah mencoba sistem terbaru dari Google ini?

 

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/08/03382457/android-q-resmi-dikenalkan-ini-fitur-fiturnya?page=all

https://tekno.tempo.co/read/1186010/google-sebut-android-q-lebih-aman-dan-hormati-privasi/full&view=ok

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/08/08470017/daftar-smartphone-yang-akan-kebagian-android-q-tahun-ini

https://jalantikus.com/tips/fitur-terbaru-kelebihan-android-q/

Youtube Marques Brownlee Channel : https://www.youtube.com/watch?v=KzdLNlCXQSo