GMAIL Ulang Tahun Ke-15 Tahun, Apa Saja Ya Fitur Terbarunya?

GMAIL Ulang Tahun Ke-15 Tahun, Apa Saja Ya Fitur Terbarunya?

Happy Birthday Google Mail 15th.

 

Wah, ternyata Gmail sudah memasuki usia remaja ya. Tetapi sebelum kita mengetahui kejutan apa saja yang diberikan Gmail di hari lahirnya, mari kita ulas sedikit mengenai sejarah gmail berikut ini.

Gmail adalah layanan surel (surat elektronik) milik Google yang dibuat oleh Paul Buchheit. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protocol POP3 ataupun IMAP4. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk public pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 2009.

Gmail/Google mail memiliki banyak fungsi bagi para penggunanya. Fungsi gmail antara lain sebagai alat untuk berkomunikasi (surat-menyurat elektronik) dengan orang lain. Fungsi lainnya yaitu sebagai alat yang dibutuhkan untuk membuat akun media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lainnya.

Mengutip Pocket Lint di dalam salah satu blog, berikut kelima belas fitur yang dirilis Gmail untuk merayakan hari jadinya. Fitur-fitur itu antara lain:

  1. Smart reply

Fitur smart reply dibekali kecerdasan buatan untuk memberikan pilihan kata saat hendak menjawab suret yang kemungkinan akan digunakan.

  1. Smart compose

Selain menjawab surel, kecerdasan buatan juga diterapkan untuk merangkai kata pada surel yang baru ditulis. Fitur yang baru dirilis pada 2018 lalu ini akan menampilkan kata yang hendak ditulis, caranya dengan mempelajari kebiasaan kata yang kerap digunakan saat menuliskan surel.

  1. Nudge

Meski nampak sederhana, fitur ini bisa 'menyundul' surel baru yang belum dibaca dan akan ditampilkan dalam bentuk 'bold' sehingga memudahkan pengguna menyortir informasi terbaru.

  1. Gmail search

Kendati menjadi fitur paling tua yang ada di Gmail, namun fitur pencarian bisa membantu pengguna mencari surel dengan topik tertentu di tengah tumpukan surel lama. Untuk melakukan pencarian secara lebih spesifik, pengguna bisa mencarinya berdasarkan jumlah huruf atau tautan tertentu yang ada di dalamnya.

  1. Archieve

Dengan menggunakan fitur archieve, pengguna tak perlu khawatir tidak sengaja menghapus surel-surel penting. Fitur ini akan mengelompokkan surel tertentu yang dianggap penting di tab lain agar kotak masuk tetap bisa 'bernapas'.

  1. Undo sent email

Fitur ini membantu pengguna untuk menarik kembali pesan yang tak sengaja menekan tombol kirim. Fitur yang diperkenalkan sejak 2015 lalu ini bisa digunakan oleh pengguna dengan durasi maksimal 30 detik setelah pesan terkirim.

  1. Berganti akun Gmail

Gmail akan memudahkan pengguna saat harus berganti antara akun pribadi dan urusan pekerjaan. Masing-masing akun bisa diganti hanya dengan beberapa sentuhan jari tanpa perlu masuk ulang atau menuliskan kembali kata sandi ketika berganti akun.

  1. Gmailfy

Pengguna Gmail bisa jadi memiliki akun lama ketika masih menjadi pengguna Yahoo atau layanan surel lainnya. Dengan menghubungkan alamat surel lama dengan Gmail, pengguna tetap bisa mengakses isi di dalam kotak masuk surel lama tanpa perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi.

  1. Mode konfidensial

Fitur ini dirilis untuk mempertebal lapisan keamanan Gmail. Model ini membantu pengguna menentukan waktu ekspirasi akun yang digunakan. Tak hanya itu, fitur ini juga membantu membatasi pesan yang masuk ke akun dan siapa saja yang tidak bisa membuat salinan surel, termasuk dari akun yang bersifat rahasia.

 

  1. G-suite

Akun Gmail yang terkoneksi dengan fitur G-Suite membuat pengguna bisa mengakses Google Hangout dan Kalender untuk keperluan pekerjaan dan kelompok. Pengguna juga bisa menambahkan aplikasi pihak ketiga untuk melengkapi fungsi G-Suite.

  1. Snooze

Sama halnya dengan alarm, fitur ini bisa dipakai jika pengguna belum bisa membaca satu surel dan dialihkan ke waktu lain. Ketika fitur ini diaktifkan, surel akan kembali muncul sesuai durasi yang telah dipilih misalnya pada beberapa jam atau hari berikutnya.

  1. Work offline

Fitur ini membantu pengguna untuk tetap mengakses hingga membalas dan mengirim surel meski tanpa koneksi internet. Hanya saja, fitur ini baru tersedia jika mengakses Gmail lewat mesin peramban Google Chrome.

  1. Mengirim uang

Pengguna Gmail bisa mengirim dan menerima uang dari dan ke surel lain. Uang yang dikirimkan bisa berasal dari saldo Google Play, kartu debit, atau rekening bank yang telah terhubung dengan Google Play.

  1. Terintegrasi Drive

Gmail membatasi sisipan data maksimal 25 MB. Google mengatasi masalah ini dengan mengintegrasikan Gmail dan Drive. Nantinya tautan data yang tersimpan di dalam Drive bisa dimasukkan sebagai sisipan. Dengan cara ini, pengguna bisa mengirim foto dan video resolusi tinggi berkapasitas maksimal 10 GB.

  1. Kiriman terjadwal

Di ulang tahun ke-15, Gmail hadir dengan fitur yang membantu pengguna menjadwalkan surel sebelum dikirim. Pengiriman terjadwal sangat membantu ketika pengguna sedang berada di luar jam kerja dan hendak menepati tenggat waktu pekerjaan atau saat mengirimkan surat ke penerima dengan zona waktu berbeda.

 

Ke lima belas fitur yang diberikan Gmail tentunya dapat mempermudah kita dalam melakukan aktivitas via gmail. Nah, hal ini tentunya dapat lebih bermanfaat jika kita dapat dengan bijak menggunakannya.

Kendati memiliki 15 fitur, Google belum memastikan kapan fitur smart compose dan kiriman terjadwal akan dirilis secara meluas. Sejauh ini, kedua fitur tersebut baru tersedia di perangkat iOS.

 

Semoga Gmail selalu dapat meningkatkan pelayanan kepada pengguna setianya.

So, dari ke-15 Fitur ini, manakah fitur yang kamu suka dan sering kamu gunakan?

 

Sumber :

Google Images

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190402131828-185-382859/gmail-rayakan-hari-jadi-dengan-15-fitur-baru

https://www.edukasinesia.com/2016/05/gmail-apa-itu-gmail-dan-bagaimana-sejarah-terbentuknya-gmail.html#