Goodbye BBM, Blackberry Messenger Resmi di Tutup 31 Mei 2019

Goodbye BBM, Blackberry Messenger Resmi di Tutup 31 Mei 2019

Tagar #GoodbyeBBM memenuhi beranda twitter akhir-akhir ini. Berbagai cuitan dan kenangan tersebar diberbagai media sosial. Hal ini muncul dikarenakan berita yang dikeluarkan pihak BBM pada tanggal 18 April 2019 lalu di blog resmi BBM. Mereka mengatakan bahwa:

“Namun, tak dapat dipungkiri, industri teknologi begitu dinamis. Walau kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat.

Walaupun berat, kini telah tiba waktunya untuk kami pun beranjak.

Kami mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra, dan karyawan kami yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami.”

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan pihak BBM melalui situs resminya, hal ini tentu membuat gempar dunia media sosial. Hal ini disebabkan moment pengguna aplikasi BBM ini sangat banyak pada masa populernya. Selain tersedia pada ponsel Blackberry bahkan aplikasi BBM juga tersedia di android.

Kata “PING!!!” yang selalu menggetarkan ponsel tentu tidak akan menggetarkan ponsel lagi setelah 31 Mei 2019. Seperti yang disampaikan pihak BBM, aplikasi chat ini akan berhenti beroperasi pada akhir bulan Mei.

Mendengar berita ini, marilah kita bernostalgia sekilas mengenai Blackberry Messenger berdasarkan beberapa sumber. Simak selengkapnya.

BlackBerry Messenger, disingkat BBM, Menurut Wikipedia adalah aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Contohnya fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo Messenger hingga aktivitas dengan Facebook atau Twitter. Semuanya bisa didapatkan oleh pengguna perangkat BlackBerry pada aplikasi ini. BlackBerry Messenger merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry selain layanan Push Mail.

Layanan Messenger ini dibuat khusus bagi pemilik BlackBerry dan dirancang khusus untuk berkomunikasi di antara pengguna. Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung nomor PIN yang juga eksklusif dimiliki masing-masing perangkat BlackBerry. Mulai tanggal 23 Oktober 2013, layanan BBM secara resmi bisa digunakan lintas platform dengan dirilisnya BBM untuk iOS dan Android.

Research In Motion (RIM) sebagai pemegang lisensi BlackBerry secara resmi meluncurkan BlackBerry Messenger versi terbaru yaitu OTA OS 5.0 untuk tipe 83xx / 81xx, 9000 Bold, 8900 Javelin, 95xx pada tanggal 13 Oktober 2009 di Indonesia.

Research In Motion (RIM) secara resmi meluncurkan BlackBerry Messenger untuk PlayBook dengan cara menghubungkan BlackBerry yang dihubungkan dengan BlackBerry Bridge.

Terhitung Juni 2016 PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) telah resmi membeli BlackBerry Messenger, satu produk dari BlackBerry Limited, dengan nilai mencapai Rp 2,9 triliun. Kesepakatan senilai $207,5 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun ini bakal berlangsung selama 6 tahun, dan akan memungkinkan Emtek untuk menggabungkan layanan mereka dengan BBM. Satu hal yang perlu dicatat adalah kesepakatan ini berlaku untuk BBM saja, tanpa menyertakan layanan BlackBerry Enterprise.

Fitur

BlackBerry Messenger versi 4.5/4.6/4.6.1/4.7

Aplikasi BlackBerry Messenger versi 4.5/4.6/4.6.1/4.7 mempunyai tampilan yang masih sangat sederhana, yang hanya terdiri dari nama-nama kontak dan status.

Menampilkan kontak dan status

BlackBerry Messenger dapat menampilkan kontak dan status dari masing-masing pengguna. Untuk membuat suatu hubungan antar pengguna perangkat BlackBerry di dalam BlackBerry Messenger, pengguna harus menambah kontak dengan cara memasukkan nomor PIN dari pengguna lain. Selain menggunakan nomor PIN, menambah kontak bisa dilakukan dengan memasukkan alamat surat elektronik masing-masing pengguna. Selain itu,seperti layaknya Facebook atau Twitter, dalam BlackBerry Messenger juga dapat menampilkan status masing-masing pengguna yang akan muncul bersama dengan daftar kontak. Pengguna dapat memperbaharui status kapanpun dan dimanapun, hanya dengan mengetik status yang diinginkan di kolom status.

 

Berbagi Berkas

Pengguna BlackBerry Messenger juga dapat membagi berkas yang berupa data selain foto dan suara, kontak telepon dan kontak BlackBerry Messenger antar sesama pengguna. Berkas yang dikirimkan melalui aplikasi ini dapat tersampaikan ke pengguna yang dituju secara cepat dan mudah.

Percakapan Grup

Dalam BlackBerry Messenger, pengguna juga dapat membuat percakapan grup. Mereka dapat melakukan percakapan dengan beberapa orang dengan waktu yang bersamaan. Untuk membuat suatu grup percakapan pengguna harus mengundang beberapa kontak untuk ikut dalam percakapan dalam grup ini. dalam satu grup beranggotakan maksimal 30.

BlackBerry Messenger versi 5.0

Versi terbaru dari BlackBerry Messenger ini tentu saja banyak memiliki kelebihan dibandingkan dengan versi terdahulunya. Aplikasi baru ini juga sudah diunduh langsung di situs resmi BlackBerry.

Identitas Kode Batang

Jika sebelumnya menambah kontak BlackBerry Messenger hanya dengan nomor PIN atau alamat surat elektronik saja pengguna , dengan BlackBerry kode batang spesial yang ada di layar BlackBerry Messenger di masing-masing pengguna perangkat BlackBerry dapat dipindai secara otomatis dan mengundang kontak baru untuk bergabung dengan daftar kontak BlackBerry Messenger. Contohnya dengan menggunakan kamera pada perangkat BlackBerry. Syaratnya perangkat harus mempunyai kamera untuk memindai kode batang perangkat lain. Kode batang ini juga dapat memudahkan pengguna BlackBerry untuk saling bertukar informasi kontak. Pengguna dapat melihat di Ubah Info Saya dan dapat digunakan untuk menyimpan data pribadi seperti nama, PIN BlackBerry, tautan situs dan yang lainnya.

Avatar

Selain nama, pengguna dapat mengatur gambar tampilan sebagai personal avatar mereka. Avatar sebagai representasi pengguna tentang dirinya sendiri ataupun ego. Avatar dapat secara otomatis terlihat pada kontak BlackBerry Messenger. BlackBerry Messenger versi 5.0 juga mengumpulkan avatar dari semua kontak yang ada dalam kontak BlackBerry pengguna.


Perbaharui Status

BlackBerry Messenger versi 5.0 dapat memungkinkan pengguna dapat memantau perubahan status dari setiap kontaknya. Pengguna bisa meng-klik panel Keadaan Terbaru di atas panel info tampilan Messenger untuk menampilkan daftar kontak yang baru saja memperbaharui status. Notifikasi akan selalu muncul di panel Keadaan Terbaru setiap kontak lain memperbaharui status mereka.

Kontak Cadangan

Jika pada versi BlackBerry Messenger terdahulu, cara menjaga data PIN kontak BlackBerry Messenger adalah dengan menyalin ke Buku Alamat, dengan BlackBerry Messenger versi 5.0, pengguna hanya tinggal meng-klik saja Salin Daftar Kontak di tampilan menu. Pilihan tempat penyimpanan untuk menyimpan data kontak bisa ke memori internal atau memori eksternal.

 

Pesan Penyiaran

Membagi info ke seluruh atau beberapa kontak tidak perlu dengan cara mengetiknya satu persatu. Klik Pesan Penyiaran pada menu untuk mengirim info yang sama ke beberapa kontak sekaligus. Klik Semua untuk mengirim pesan yang sama ke semua kontak, atau pilih beberapa kontak saja dengan memilih nama-nama kontak tertentu dari daftar kontak.

Membagi Lokasi

Jika ingin membagi lokasi dari posisi berada atau ingin membagi lokasi sebuah tempat, klik Kirim Lokasi pada menu. Pilihan untuk mengirimkan lokasi bisa langsung dari lokasi berada dengan memanfaatkan fitur GPS, atau dari data lokasi yang telah disimpan sebelumnya di Peta BlackBerry. Permintaan lokasi kontak bisa juga dilakukan atau mengatur notifikasi kedekatan dengan kontak lain.

Fungsi Grup Baru

Pada BlackBerry Messenger versi sebelumnya, fasilitas untuk melakukan percakapan secara berkelompok memang sudah ada. Hanya saja pada BlackBerry Messenger versi 5.0, fasilitas percakapan secara berkelompok ini bisa disertai dengan subyek obrolan. Jadi kontak yang baru diundang ketika percakapan sudah berlangsung tidak akan bingung untuk mengikuti topik percakapan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat atau bergabung dengan grup seseorang untuk tetap terhubung dan berbagi pengalaman secara waktu yang asli. Pengguna juga dapat melakukan percakapan maya dan berbagi pembaharuan lokasi, alamat, kalender, foto, daftar dan banyak lagi. Satu grup dapat menampung sebanyak 30 anggota.

Transfer Berkas Berukuran Besar

Dengan BlackBerry Messenger versi 2,0, pengguna dapat berbagi berkas foto, suara, kontak telepon dan kontak BlackBerry Messenger berukuran besar sampai dengan ukuran 6MB. BlackBerry Messenger versi 5.0 ini juga mendukung pengiriman berkas video. Pengiriman berkas melalui BlackBerry Messenger versi 5.0 ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan berkas secara mudah dan cepat.

Lambang Tampilan Awal

Adakalanya pengguna terlibat dalam percakapan seru dengan salah satu kontak, tetapi disaat yang bersamaan harus mengecek aktivitas lain di perangkat. Jelas agak merepotkan jika harus buka tutup layar BlackBerry Messenger. Pada BlackBerry Messenger versi 5.0 terdapat fasilitas untuk menempatkan kontak di layar tampilan awal. Jadi untuk membuka layar percakapan cukup mengakses dari lambang kontak yang ditempatkan pada tampilan awal

Dengan ditutupnya aplikasi BBM ini, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Berikut penjelasannya dari salah satu sumber :

Pengguna Masih Bisa Mengambil Data Maksimal 7 Hari Setelah BBM Ditutup

Pihak BBM memberikan waktu bagi Anda pengguna untuk mengunduh data, obrolan, video, dan dokumen paling lambat 7 hari setelah BBM resmi berhenti beroperasi.

Jika Anda membutuhkan foto, video atau dokumen yang masih tersimpan di BBM, Anda masih bisa men-downloadnya maksimal 7 hari setelah BBM dihentikan. Hal ini berarti, paling lambat tanggal 7 Juni 2019 Anda sudah harus mengambil data yang Anda butuhkan tersebut. Jika lebih dari tanggal tersebut, Anda tidak akan pernah lagi bisa mengambilnya karena sudah dihapus dari server.

Beberapa Data Tidak Bisa Diambil dari BBM

Walaupun ada data yang masih bisa Anda ambil dari BBM, namun ada beberapa data seperti daftar kontak, feeds, BBM Channel dan BBM sticker yang tidak bisa Anda download. Hal ini karena menurut keterangan pihak BBM, data seperti ini tidak dapat mereka ekspor keluar dari aplikasi.

Pihak BBM juga menegaskan jika data tersebut yang tidak bisa diambil kembali oleh pengguna, juga tidak akan tersimpan di server seperti halnya file yang ada di smartphone.

Data tersebut akan terhapus tepat setelah 7 hari layanan BBM dihentikan. Namun, ada beberapa data yang tidak akan dihapus dengan alasan hukum.

Pihak BBM juga mengaku mereka membutuhkan waktu sekitar 180 hari untuk menghapus seluruh data dari Cloud infrastruktur milik mereka sendiri.

Uang Pembelian Sticker, Reward dan DANA Bisa Diambil Kembali

Walaupun ada beberapa data yang tidak bisa diambil, namun jika Anda pernah membeli membeli stiker aplikasi ini melalui Google Play atau App Store, uangnya akan dikembalikan pada pengguna.

Sementara jika Anda memiliki Rewards & Value balance di aplikasi BBM, sebaiknya segera lakukan proses redeem sebelum tanggal 20 Mei 2019 atau Anda akan kehilangan sepenuhnya setelah 31 Mei 2019 mendatang atau setelah BBM ditutup secara resmi.

Selain itu, Anda bisa tetap menggunakan saldo DANA yang Anda miliki, jika sebelumnya Anda sering melakukan transaksi dengan aplikasi DANA yang terintegrasi dengan aplikasi BBM.

Nah, itulah informasi mengenai penghapusan BBM dan hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum aplikasi ini benar-benar terhapus.

 

#GoodbyeBBM

Terima kasih atas semua kenangan yang pernah kita jalani

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/BlackBerry_Messenger