GOOGLE STADIA: Platform Video Game Masa Depan

GOOGLE STADIA: Platform Video Game Masa Depan

Kabar baik untuk para Gamers Sejati. Tentu sudah tau dong bahwa Google baru saja merilis salah satu project khusus dalam dunia gaming dimasa depan.

Pada pertemuan Game Developer Conference 2019 digelar di San Fransisco, Amerika Serikat, Google memperlihatkan keseriusannya masuk ke industri game dengan memperkenalkan layanan "Cloud Gaming" bernama Google Stadia.

Dengan meluncurkan Google Stadia, Perusahaan besar asal Mountain View, AS, itu memperkenalkan suatu layanan yang bisa menjadi pioner industri cloud gaming masa depan.  Platform, yang hingga kini dikenal sebagai Project Stream, berjanji untuk memecahkan hambatan yang saat ini kami temukan di sektor game, karena memungkinkan pengguna untuk memainkan game “AAA” dari desktop atau laptop apapun dengan Google Chrome, beberapa tablet dan ponsel yang kompatibel, dan Smart TV dengan Chromecast Ultra.

Google Stadia merupakan sebuah layanan cloud gaming yang memungkinkan para pemain bermain game secara streaming. Pemain tidak membutuhkan konsol dan tidak perlu menginstal file game ke perangkat.

Untuk memperkuat semua streaming cloud ini, Google memanfaatkan infrastruktur global pusat data untuk memastikan server sedekat mungkin dengan pemain di seluruh dunia. Itu adalah bagian penting dari Stadia, karena latensi yang lebih rendah adalah keharusan untuk mengalirkan game secara efektif di internet.

Google bermitra dengan AMD untuk membangun GPU khusus untuk pusat data. Ini adalah chip yang diklaim Google akan memberikan daya 10,7 teraflops, yang lebih dari 4,2 teraflops dari PS4 Pro dan 6 teraflops daya di Xbox One X. Setiap instance Stadia juga akan ditenagai oleh prosesor 2,7GHz x86 kustom dengan 16GB RAM.

Stadia akan menyiarkan game beresolusi 4K di 60 frame per detik dalam HDR dengan surround sound melalui koneksi internet 25 Mbps. Untuk saat ini, layanan ini hanya berfungsi melalui WiFi, tetapi Google mengharapkannya bisa digunakan pada internet 5G di masa depan.

Kontrol Stadia terdiri dari dua joystick, satu D-Pad dan empat tombol aksi (X, Y, A dan B), seperti pengontrol manual. Namun, selain fungsi yang biasa kita gunakan, perangkat  ini memiliki fitur tambahan untuk Stadia. Dua yang paling penting adalah, di satu sisi, tombol tangkap untuk membagikan permainan Anda langsung di YouTube dalam 4K pada 60 fps, dan di sisi lain tombol Google Assistant, yang memberikan akses langsung ke mikrofon yang terintegrasi dalam pengontrol untuk menikmati fungsi khusus dari game yang diintegrasikan oleh pengembang.

Driver Stadia akan tersedia dalam tiga warna: hitam, putih dan hijau muda.

Meskipun dimungkinkan untuk memainkan game Stadia dengan kontrol USB konvensional atau mouse dan keyboard, layanan ini akan memiliki pengontrol sendiri, yang telah dirancang khusus untuk platform gaming streaming Google. Perangkat baru menjadi bagian dari produk perangkat keras Made by Google, bekerja melalui koneksi WiFi dan terhubung langsung ke game yang berjalan di Google Data Center.

Dengan cara ini, kenali layar atau perangkat mana yang ingin Anda mainkan dan hubungkan dengan sesi permainan Anda di cloud, memastikan kinerja terbaik dan pengalaman bermain terbaik.

Sayangnya, Google tidak memberikan informasi harga untuk pengontrol selama presentasi keynote GDC 2019-nya. Perusahaan itu, bagaimanapun, menyatakan bahwa itu akan menawarkan lebih banyak informasi musim panas ini, jadi mungkin kita akan melihat titik harga saat ini.

Pada tahun 2019, STADIA bisa dinikmati para gamers yang ada 4 negara yaitu US, Canada, UK dan Eropa. Kira-kira kapan ya STADIA bisa diakses di Indonesia. Bagi kamu para gamers  tentu menanti kabar baik ini. Maka dari itu, selalu update info tentang ini dan jangan sampai ketinggalan berita.

 

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/03/25/20550087/apa-itu-google-stadia-layanan-streaming-game-yang-tak-butuh-konsol-.

https://www.cnbcindonesia.com/fintech/20190320123457-37-61818/spesifikasi-keunggulan-platfrom-streaming-google-stadia

https://highlytechno.com/googles-stadia-gaming-platform-price-specifications/

https://www.gameskinny.com/1hak5/stadias-wi-fi-controller-looks-familiar-but-features-google-assistant