Hal Terpenting yang Harus Kamu Lakukan jika Ingin Jadi Youtuber

Hal Terpenting yang Harus Kamu Lakukan jika Ingin Jadi Youtuber

Gambar : klikmania.net

Kesuksesan Youtuber saat ini menjadikan semua kalangan ingin menjadi seorang Youtuber. Berbagai konten yang dibagikan demi mencari viewers dan subscribers atau ada yang hanya menjadikannya media untuk menyalurkan hobi.

Tidak hanya dikalangan content creator baru bahkan artispun kini juga beralih ke dunia Youtube. Bagaimana tidak menggiurkan, Adsense yang didapatkan sangat banyak  dan popularitas seorang Youtuber yang tidak diragukan lagi. Maka dari itu, diperlukan tips dan trik bagi kita yang ingin menjadi seorang Youtuber. Ya, bisa dimulai dari belajar dari hal yang termudah hingga dapat membuat konten yang high quality.

Kali ini kita akan membahas, beberapa hal terpenting yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi Youtuber dari berbagai sumber. Simak selengkapnya ya :

 

Langkah 1 : Tentukan Topik Channel Anda

Memulai sebuah channel YouTube mirip seperti saat memulai blog. Kita harus punya ide. Ide channel bisa datang dari berbagai hal, bisa dari keseharian kita, dari hobi kita, dari pekerjaan kita, dari keterampilan kita, dan lain sebagainya. 

Langkah 2 : Buat Channel YouTube Anda

Setelah Anda dapat topik channel, maka buatlah channel YouTube. Jika Anda punya akun Google (email di Gmail), maka Anda sudah bisa buat channel YouTube. Satu akun Google terintegrasi dengan layanan Google lainnya. YouTube termasuk salah satu produk/layanan yang dimiliki Google.

 

Gambar : Kompasiana.com

Langkah 3. Tentukan Konten yang Akan Dibagikan

Konten adalah isi dari channel YouTube Anda, dan ini yang akan mewakili seluruh video yang ada di dalam akun YouTube milikmu. Ada banyak konten yang bisa kamu jadikan pilihan. Mulai dari konten kecantikan, fashion, DIY (Do It Yourself), resep masakan, games, dan masih banyak lagi. Isilah channel YouTube Anda dengan konten-konten yang menarik dan sesuai dengan keinginan. Sesuaikan konten dengan bidang yang Anda suka, agar pembuatan video pun jadi lebih mudah.

Gambar : klikmania.net

Langkah 4.  Konsisten Membuat dan Berbagi Video

Konsistensi dalam membuat dan mengunggah video itu penting. Semakin sering membuat video, maka semakin sering pula akun YouTube Anda muncul di beranda laman ini. Apalagi bagi orang yang sudah pernah menonton video yang diunggah sebelumnya.

Meski konten yang dibuat kurang menarik perhatian, akan ada saja orang yang penasaran dan mengklik video yang Anda buat. Dengan konsistensi, jumlah pengunjung pun akan bertambah dengan sendirinya, karena mereka mengapresiasi usaha Anda dalam membuat video.

Langkah 5. Riset trend terkini dan minat pasar

Perihal pembuatan konten menarik untuk menaikkan viewers dan subscribers, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui trend terkini dan minat pasar. Karena ketika kamu tahu hal-hal yang sedang trend dan apa yang sedang banyak digandrungi orang, maka kamu bisa membuat ide kreatif untuk konten.

Langkah 6. Promosikan akun Youtube untuk maksimalkan jumlah subscribers dan juga viewer

Gambar : merdeka.com

Langkah yang tidak kalah pentingnya yaitu mempromosikan akun Youtube kita. Semakin sering kita upload konten yang menarik, semakin rajin juga promosi maka akan mempengaruhi subscribers dan viewer. Nah, jika sudah mencukupi jumlah subscriber dan viewer baru kita bisa mengurus Ads dan nikmati hasil yang kita dapatkan.

Sebenarnya masih banyak lagi tips dan langkah yang bisa kamu ikuti untuk menjadi Youtuber. Kamu juga bisa mempelajari langkah tersebut melalui buku dan bisa di searching di Google. Untuk referensi lebih lengkap kamu bisa kunjungi sumber yang ada di bawah ini ya.

 

Sumber :

http://panduanyoutubemarketing.com/ingin-memulai-channel-youtube-ini-cara-menjadi-youtuber/

https://www.suara.com/tekno/2018/10/23/081500/tertarik-jadi-youtuber-ini-langkah-yang-harus-dilakukan

https://www.shopback.co.id/blog/cara-jadi-youtuber