Inovasi Teknologi Memanfaatkan Sistem Pengenalan Wajah

Inovasi Teknologi Memanfaatkan Sistem Pengenalan Wajah

Teknologi yang semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia saat ini dan akan datang berpengaruh pada berbagai bidang salah satunya keamanan. Selain mempermudah kegiatan manusia, ternyata teknologi juga membantu dan mendukung keamanan negara. Seperti di Indonesia, salah satunya Kota Surabaya telah mengembangkan suatu inovasi berupa pengimplementasian sistem pendeteksi wajah.

Hal ini dikemukakan melalui kumparan.com bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya punya inovasi baru untuk sistem keamanan dan kenyamanan kota. Ada kamera pengawas CCTV dengan face recognition system atau alat pendeteksi wajah. teknologi ini akan diterapkan di seluruh sudut Kota Surabaya. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji menjelaskan, teknologi ini mempunyai kemampuan untuk melacak wajah seseorang dalam segala hal. Mulai dari menangkap pelaku tabrak lari, pendeteksi orang hilang, hingga pelaku teroris.

Penerapan teknologi face recognition ini tentu saja membantu meningkatkan kinerja kepolisian dalam mencari pelaku kejahatan. Selain itu, juga dapat membantu berbagai pihak dalam segala keperluan yang memerlukan teknologi ini.

Lalu, apa itu sebenarnya Face Recognition atau deteksi wajah?

For your Information, Kemajuan teknologi telah sampai ke titik sistem pendeteksi yang berhubungan dunia nyata. Sistem pendeteksi yang sering digunakan adalah pendeteksi wajah (face recognition). Pesatnya perkembangan pengenalan wajah disebabkan adanya kombinasi dari faktor-faktor: pengembangan aktif algoritma, ketersediaan database gambar wajah, dan metode untuk mengevaluasi kinerja algoritma pengenalan wajah.

Pengenalan wajah adalah pendekatan biometrik yang beroperasi secara otomatis untuk memverifikasi atau mengenali identitas orang yang hidup berdasarkan karakteristik fisiologis / nya. Secara umum, sistem identifikasi biometrik membuat penggunaan pada karakteristik fisiologis seperti sidik jari, pola iris, atau wajah atau pola perilaku seperti tangan-menulis, suara, atau kata kunci, untuk mengidentifikasi seseorang.

Keterangan : Cara kerja sistem pendeteksi wajah

Source : Google images

Karena sistem yang protektif dan sensitif yang melekat pada bagian mata manusia, beberapa orang enggan untuk menggunakan sistem identifikasi mata. Sebagai alternatif lain, lebih banyak yang menggunakan pendeteksi wajah. Pendeteksi wajah memiliki manfaat yang pasif, system non intrusif untuk memverifikasi identitas pribadi dengan cara “alami” dan ramah.

Sistem pengenalan/pendeteksi wajah dimulai dengan deteksi pola wajah dalam adegan kadang berbentuk tidak beraturan, lalu dilakukan proses menormalkan gambar wajah untuk memperhitungkan perubahan geometri dan pencahayaan,  dapat juga menggunakan informasi tentang lokasi dan penampilan dari kode/tanda wajah, dan dengan mengidentifikasi wajah menggunakan algoritma klasifikasi yang tepat dapat memberikan hasil deteksi yang logis.

Penerapan penggunaan teknik pengenalan wajah dapat diaplikasikan untuk penegakan hukum dan aplikasi komersial. Teknologi pengenalan wajah adalah digunakan dalam aplikasi penegakan hukum, seperti pada kasus penembakan yang terekam dalam bentuk foto dan video dapat digunakan saat pencocokan oleh urutan gambar video sehingga dapat mendeteksi wajah yang dicari. Aplikasi komersial yang berkaitan dalam proses pendeteksi foto-foto pada kartu kredit, kartu ATM, paspor, surat izin mengemudi, dan tanda pengenal.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada 3 jenis atau pengelompokan algoritma pendeteksi wajah, yaitu frontal, profile, and view tolerant recognition, tergantung pada jenis gambar dan algoritma pengenalan. Sementara algoritma frontal tentu adalah pendekatan klasik, algoritma view tolerant biasanya melakukan pengakuan dengan cara yang lebih canggih dengan mempertimbangkan beberapa yang mendasari fisika, geometri, dan statistik. skema profil sebagai sistem yang berdiri sendiri memiliki makna yang marjinal untuk mengidentifikasi.

Jika penggunaan teknologi dapat dimanfaatkan secara maksimal pada segala bidang salah satunya bidang pertahanan, mungkin tindak kejahatan bisa terdeteksi dengan cepat ya guys.

Semoga Pemerintah dan Warga Negara Indonesia senantiasa mengembangkan inovasi untuk keamanan dan kenyamanan Negara.

 

Source:

https://www.youtube.com/watch?v=nT_PXjLol_8

Full Reference Face Recognition : Face Recognition: A Literature Review by A. S. Tolba, A.H. El-Baz, and A.A. El-Harby. International Journal of Signal Processing Volume 2 Number 2

Jurnal:

https://www.researchgate.net/publication/233864740_Face_Recognition_A_Literature_Review

Tentang Surabaya :

https://kumparan.com/@kumparannews/pemkot-surabaya-punya-cctv-dengan-fitur-pendeteksi-wajah-1539170373065179591