Istilah dan Perbedaan Dark Web dan Deep Web

Istilah dan Perbedaan Dark Web dan Deep Web

Sumber : liputan6.com

Saat ini ada beberapa kasus yang selalu dikaitkan dengan Dark Web dan Deep web. Berdasarkan kasus yang ada membuat para netizen meningkatkan kewaspadaan pada setiap transaksi. Namun, sebenarnya istilah dark web sudah lama ada, tetapi baru-baru ini menjadi booming karena banyaknya kejadian yang telah terjadi tentunya berkaitan dengan hal ini.

Untuk menambah pengetahuan kita mengenai dark web dan deep web, kita akan membahas sekaligus dengan perbedaan antara keduanya.

Deep Web merupakan bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu dengan menggunakan mesin pencari web yang menggunakan indeks mesin pencari web

Dark web (juga dikenal dengan nama Darknet atau Web Underground, di Indonesia dapat disebut sebagai Web Gelap) adalah konten World Wide Web yang ada di darknet, jaringan overlay yang menggunakan Internet tetapi memerlukan perangkat lunak tertentu, konfigurasi atau otorisasi untuk mengaksesnya

 

Deep web menggambarkan forum, halaman web, toko online yang tersembunyi dan tidak bisa diakses oleh mesin pencari seperti Bing dan Google. Deep web menggunakan protokol standar HTTP/HTTPS sehingga anda dapat menemukan deep web hanya dengan menggunakan browser umum seperti Firefox, Chrome, Safari, dan Edge.

Sedangkan Darknet juga meliputi semua forum, halaman web, dan toko online ya tersembunyi dan tidak bisa diakses oleh mesin pencari. Kita membutuhkan aplikasi khusus seperti Tor browser agar dapat mengakses darknet. Tor browser sering digunakan oleh peretas untuk menyamarkan identitasnya di Internet.

Baik itu deep web maupun darknet sering disalahgunakan oleh oknum nakal untuk aktivitas yang ilegal, seperti mendistribusikan barang dan jasa terlarang. Sebagian orang bisa membeli senjata api, obat-obatan terlarang, bahkan malware di deep web dan darknet. Layanan perusak juga tersedia disana.

Director Intelligence Avast Michal Salat mengatakan, kelebihan yang diberikan oleh darknet adalah memberikan anonimitas yang lebih daripada deep web sehingga darknet lebih populer di kalangan para penjahat cyber.

Darknet dilindungi oleh jaringan Tor yang terhubung lewat banyaknya simpul dan enkripsi, namun informasi yang bocor mengidentifikasi Badan Intelejen Amerika Serikat yaitu NSA mungkin mempunyai metode untuk melacak para pengguna Tor.

Apakah deep web/darknet legal atau illegal?

Meskipun orang-orang dapat menemukan banyak hal yang bersifat negatif di darknet seperti pornografi, senjata api, obat-obatan terlarang, dan aplikasi bajakan namun tidak semua yang ada di darknet bersifat illegal.

Ide dibalik pembuatan darknet adalah menyediakan akses agar bisa mendapatkan informasi dengan menjaga privasi dan menghindari penyensoran.

Anda dapat menemukan konten yang ilegal seperti buku, foto, video, dan karya seni yang mungkin itu disensor atau di blok oleh kebijakan pemerintah tertentu. Darknet juga menyediakan jalur komunikasi yang aman untuk orang yang ingin melakukan aksi protes, pelapor pelanggaran atau wartawan yang sedang menginvestigasi sesuatu.

Saat mengeksploitasi darknet harus anda ingat kembali bahwa darknet merupakan sebuah tempat yang tidak memiliki aturan. Tidak ada jaminan keamanan bagi anda mengenai apa yang ingin anda download atau beli. Tingkat penipuan di darknet juga tergolong sangat tinggi.

Di dunia nyata darknet diibaratkan seperti lingkungan yang buruk dimana cenderung lebih banyak penjahat cyber. Mungkin terdapat beberapa orang yang baik di lingkungan yang buruk, tetapi kemungkinannya kamu bisa saja terlibat dalam aktivitas yang berbahaya saat menjelajahi darknet. Jika anda telah memutuskan untuk menyelami darknet, lakukan dengan hati-hati dan jangan untuk bermain-main.

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Deep_Web

https://id.wikipedia.org/wiki/Dark_web

https://www.mastekno.com/id/perbedaan-deep-web-dan-darknet/

Sumber gambar : https://www.wowmenariknya.com/tekno/ini-perbedaan-darknet-dengan-deep-web/