Kebanjiran Berikut Tips Bersihkan Rumah Setelah Banjir

Kebanjiran Berikut Tips Bersihkan Rumah Setelah Banjir

Tingginya intensitas hujan dapat menyebabkan banjir sehingga melumpuhkan akses fasilitas umum. Dilansir melalui kompas.com, banjir di Jakarta yang terjadi pada Selasa, 25 Februari 2020 tidak hanya menjadi pemberitaan dalam Negeri namun sudah sampai ke Luar Negeri. 

Salah satunya Kantor Berita Amerika Serikat, Associated Press yang melumpuhkan ibu kota juga terjadi beberapa hari sebelumnya dan memburuk pada Selasa. Membanjiri ribuan rumah, bangunan termasuk istana presiden. Banjir juga melumpuhkan jaringan transportasi. Air banjir memasuki bagian kompleks istana kepresidenan Indonesia Selasa pagi, tetapi situasinya terkendali dengan pompa air, kata Bey Machmudin, seorang pejabat di Kantor Kepresidenan.

Kantor berita Reuters mengutip keterangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, disebutkan lebih dari 200 RW terkena dampak banjir. Anies juga menambahkan bahwa pos-pos evakuasi telah didirikan dengan fasilitas kesehatan.

Kami berkonsentrasi pada mitigasi dan telah menyiapkan semua sumber daya untuk dikerahkan,” kata Anies kepada wartawan. Selanjutnya untuk keselamatan, perusahaan listrik negara menutup lebih dari 1.600 gardu listrik di daerah banjir.

Selain upaya Pemerintahan yang telah dilakukan dalam menghadapi banjir, kita pastinya juga harus berusaha semaksimal mungkin untuk menanggulangi banjir dan mengambil tindakan setelah banjir. Berikut tips membersihkan rumah setelah banjir dikutip dari beberapa sumber:

1. Periksa lingkungan sekitar rumah

Pada saat rumah terkena banjir, pastikan listrik dalam keadaan padam untuk mencegah konsleting arus listrik begitu juga regulator gas yang terkena banjir. Hal yang terpenting lainnya adalah memeriksa struktur rumah seperti genteng, pondasi dan yang lainnya. 

2. Kelompokkan barang yang masih bisa digunakan

Tergenang dengan air hujan beberapa waktu tentunya membuat barang dan perabot rumah rusak. Namun tidak ada salahnya mengumpulkan barang yang masih bisa digunakan dan menyelamatkan nya ke tempat yang aman. Jika masih ada harapan untuk dikeringkan, jemurlah dengan segera jangan biarkan barang tersebut lembab lebih lama. Begitu juga dengan pakaian, mulailah mencuci minimal 2 kali jika pakaian tergenang parah. Jika ada baju bayi, usahakan mencuci dengan air hangat agar lebih steril dari kuman banjir atau ikuti petunjuk bidang kesehatan.

3. Membersihkan lumpur banjir

Untuk membersihkan area sekitar dan dalam rumah akibat dampak banjir memerlukan kesabaran yang ekstra. Kamu perlu membersihkannya dengan cara menyapukan air keluar, membilasnya dengan air bersih dan memberikan cairan desinfektan untuk membunuh kuman-kuman pada lantai. 

4. Memperbaiki Peralatan Elektronik

Setelah sekitar rumah sudah mulai bersih dan barang-barang yang digunakan sudah dikumpulkan serta dibersihkan, mulailah memperbaiki peralatan elektronik dengan hati-hati. Jika kerusakan bertambah parah, hubungi tempat servis terdekat.

5. Waspadai keracunan karbon monoksida 

Jika Anda mengandalkan panggangan arang atau kompor untuk memasak, jangan berpikir untuk menyalakannya di dalam ruangan. Ketika digunakan di ruang tertutup, jenis pemanggang ini dapat menghasilkan tingkat gas yang mematikan, yang tidak berwarna dan tidak berbau. Hal yang sama berlaku untuk generator portabel. 

6. Dokumentasikan kerusakan

Langkah ini dilakukan jika Anda mengajukan klaim asuransi. Pastikan Anda mencatat semua kerusakan dengan gambar yang jelas dan catatan menyeluruh. Selanjutnya, hubungi agen asuransi Anda. Jika asuransi bersedia menutupi kerugian yang Anda alami, Anda akan segera mendapatkan panduan dari agen asuransi Anda untuk mengurus klaim, bantuan bencana, serta kemudahan administratif lainnya.

Selain sigap dalam menghadapi banjir, kita sebagai penduduk bumi juga harus berusaha untuk melakukan penanggulan banjir seperti tidak membuang sampah sembarang, membersihkan selokan dan menghindari diri dari kegiatan yang bisa menyebabkan banjir. Tetap waspada dan jaga kebersihan lingkungan ya.

 

Sumber:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/02/25/143000665/begini-media-media-asing-beritakan-banjir-jakarta-hari-ini.

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-membersihkan-rumah-kebanjiran/

https://properti.kompas.com/read/2019/12/30/114116721/tips-cepat-bersihkan-rumah-setelah-banjir

Gambar: Kompas.com

Gambar: republika.co.id