Mengenal Bahasa Pemrograman Komputer

Mengenal Bahasa Pemrograman Komputer

Menurut wikipedia Bahasa Indonesia mengenai Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Berikut bahasa pemrograman yang sering digunakan :

1.      Java

Bahasa pemrograman ini berusia lebih dari 20 tahun, dan telah digunakan oleh lebih dari 10 juta developer dan 15 miliar perangkat di seluruh dunia. Ia bisa berjalan di hardware dan sistem operasi manapun melalui Java Virtual Machine. Semua aplikasi Android dan 90 persen dari perusahaan-perusahaan Fortune 500 menggunakan Java untuk pengembangan backend-nya.

2.      Phyton

Pengertian bahasa pemrograman python adalah bahasa pemrograman tinggi yang dapat melakukan eksekusi sejumlah instruksi multiguna secara langsung (interpretatif) dengan metode orientasi objek (Object Oriented Programming) serta menggunakan semantik dan dinamis untuk memberikan tingkat keterbacaan syntax. Sebagai bahasa pemrograman tinggi, python dapat dipelajari dengan mudah karena sudah dilengkapi dengan manajemen memori otomatis (pointer).

3.      PHP

"PHP: Hypertext Preprocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan CSS dan HTML. PHP diciptakan oleh Dr. Leonardo Bernart pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari "Personal Home Page Tools". Selanjutnya diganti menjadi FI ("Forms Interpreter"). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi "PHP: Hypertext Preprocessor" dengan singkatannya "PHP". PHP versi terbaru adalah versi ke-5. Berdasarkan survey Netcraft pada bulan Desember 1999, lebih dari sejuta website menggunakan PHP, di antaranya adalah NASA, Mitsubishi, dan RedHat.

4.      Javascript

JavaScript dibuat dan didesain selama sepuluh hari oleh Brandan Eich, seorang karyawan Netscape, pada bulan September 1995. Awalnya bahasa pemrograman ini disebut Mocha, kemudian diganti ke Mona, lalu LiveScript sebelum akhirnya resmi menyandang nama JavaScript. Versi pertama dari bahasa ini hanya terbatas di kalangan Netscape saja. Fungsionalitas yang ditawarkan pun terbatas. Namun, JavaScript terus dikembangkan oleh komunitas developer yang tak henti-hentinya mengerjakan bahasa pemrograman ini.

5.      C#

Bahasa C# adalah sebuah bahasa pemrograman modern yang bersifat general-purpose, ‎berorientasi objek, yang dapat digunakan untuk membuat program di atas arsitektur Microsoft .NET Framework. ‎Bahasa C# ini memiliki kemiripan dengan bahasa Java, C dan C++ . Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh sebuah tim pengembang di Microsoft yang dipimpin olehAnders Hejlsberg, seorang yang telah lama malang melintang di dunia pengembangan bahasa ‎pemrograman karena memang ialah yang membuat Borland Turbo Pascal, Borland Delphi, dan juga Microsoft J++.

6.      C++

C ++ adalah bahasa pemrograman tingkat menengah. Dalam istilah sederhana, C ++ adalah bahasa pemrograman yang canggih, efisien dan bertujuan umum berdasarkan C. Ini dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1979. Banyak sistem operasi saat ini, driver sistem, browser, dan game menggunakan C ++ sebagai bahasa intinya. Ini menjadikan C ++ salah satu bahasa paling populer saat ini. Karena ini adalah versi bahasa pemrograman C yang disempurnakan / diperluas, C dan C ++ sering dilambangkan sebagai C / C ++.

7.      Swift

Tujuan dari proyek Swift adalah untuk menciptakan bahasa terbaik yang tersedia untuk penggunaan mulai dari pemrograman sistem, hingga aplikasi seluler dan desktop, peningkatan hingga layanan cloud. Yang terpenting, Swift dirancang untuk membuat penulisan dan pemeliharaan program yang benar lebih mudah bagi pengembang.

8.      Perl

Perl adalah singkatan dari Practical Extraction and Report Language. Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh Larry Wall pada tahun 1986 yang awalnya digunakan sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk menulis program di lingkungan UNIX. Perl adalah sebuah bahasa pemrograman yang menggabungkan kemampuan bahasa C, utilitas sed dan awk/grep dan bahkan fitur shell

9.      R

R adalah suatu sistem untuk analisis data yang termasuk kelompok software statistik open source yang tidak memerlukan lisensi atau gratis, yang dikenal dengan freeware. Sampai saat ini, pengguna statistika di Indonesia masih belum banyak yang menggunakan R untuk keperluan analisis data. Sebagian besar pengguna statistika di Indonesia masih menggunakan paket‐paket statistik komersil, seperti SPSS, MINITAB, S‐plus, SAS, atau Eviews.

10.  Ruby on Rails

Ruby on Rails atau sering disebut dengan Rails merupakan sebuah framework yang diciptakan dengan bahasa pemrograman Ruby. Rails sendiri pertama kali dikembangkan oleh David Heinemeier Hansson, yaitu seorang programmer dan pembalap. Bahasa pemrograman Ruby khususnya framework Ruby on Rails saat ini sangat banyak diperbincangkan para developer dan pengembang website di luar maupun dalam negeri. Pasalnya bahasa pemrograman Ruby sendiri mempunyai syntax atau block code yang sangat elegan dan mudah untuk dipelajari, khususnya orang yang baru belajar bahasa pemrograman.

Jadi, itulah istilah bahasa pemrograman yang harus kita ketahui dalam belajar pemograman. Banyak lagi istilah yang harus kita ketahui. Tetapi istilah yang populer ada 10 di atas karena yang sering digunakan para programmer.

Kamu juga bisa membaca versi full di beberapa referensi di bawah ini.
 

Sumber lengkap :

https://medium.com/@makersinstitute/bahasa-pemrograman-yang-populer-dan-dibutuhkan-49d592b690c8

https://www.advernesia.com/blog/python/pengertian-bahasa-pemrograman-python-dan-kegunaanya/

PHP, C# by Wikipedia

https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-javascript/

https://www.programiz.com/cpp-programming#what-is-cpp

https://swift.org/about/

https://qieberry.wordpress.com/2011/03/20/mengenal-bahasa-pemrograman-perl/

https://statistikceria.blogspot.com/2013/11/perkenalan-penggunaan-software-r-dalam.html

https://www.rubypedia.com/blog/mengenal-apa-itu-ruby-on-rails/