Microsoft tutup Windows 7 Tahun 2020

Microsoft tutup Windows 7 Tahun 2020

Windows 7 adalah versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya, Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.

Tapi kali ini ada Kabar penting bagi semua pengguna perangkat komputer, terutama bagi yang masih menggunakan Windows 7 sebagai sistem di perangkatnya.  Karena usia Windows 7 hanya tersisa satu tahun lagi, yakni hingga 2020 mendatang. Melalui halaman resminya, Microsoft mengumumkan akan menghentikan dukungan pada Windows 7 terhitung 14 Januari 2020. Keputusan ini diambil agar para pengguna bisa segera beralih ke sistem operasi Windows 10.

Untuk membantu peralihan pengguna dari Windows 7 ke Windows 10, Microsoft masih akan memberikan dukungan tambahan. Namun untuk mendapat dukungan tersebut pengguna akan dibebankan biaya ekstra. Dukungan itu pun bukan diperuntukkan para pengguna Windows 7 secara umum, melainkan hanya untuk pengguna bisnis dan enterprise/perusahaan besar.

Namun jika pengguna memilih untuk tidak membayar, maka artinya setelah 14 Januari 2020, Microsoft tidak akan lagi memberi jaminan keamanan kepada pengguna Windows 7. Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Selasa (15/1/2019), kebijakan ini tentu akan memberi dampak positif pada angka adopsi Windows 10 secara global. Apalagi mengingat saat ini Windows 7 masih memiliki popularitas yang tinggi di kalangan pengguna. Bahkan semenjak pertama kali meluncur pada 2015 lalu, Windows 10 baru bisa menyalip pangsa pasar milik Windows 7 akhir tahun kemarin.

Pada Desember 2018, NetMarketShare mencatat Windows 10 memiliki pangsa 39,22 persen di pasaran sistem operasi. Angka ini naik dari 38,14 persen yang tercatat di bulan sebelumnya. Sementara itu, persentase Windows 7 tercatat berada pada angka 36,90 persen, turun dari angka 38,89 persen dari yang terekam di bulan November. Dukungan resmi dari Microsoft untuk Windows 7 sejatinya sudah berakhir sejak 2015 lalu. Namun karena Windows 7 masih memiliki basis pengguna yang besar, Microsoft memberi dukungan tambahan hingga 2020 mendatang.

 

Berikut ini merupakan kelebihan Windows 10 yang harus kamu ketahui :

1. Cocok di banyak perangkat

Windows 10 cocok digunakan untuk komputer dan laptop. Namun kecocokan ini tidak terbatas pada dua gadget itu saja, karena kelebihan Windows 10 adalah kecocokannya untuk digunakan di 2-in-1 PC atau tablet PC, Tablet, Smartphone berbasis Windows Phone, serta konsol game Xbox.

2. Kemampuan multitasking layaknya mobile

Salah satu kelebihan Windows 10 adalah kemampuan multitasking yang lebih dioptimalkan. Jika di Windows lain Anda harus membuka tutup dan minimize aplikasi atau software berjalan untuk menjalankan sebuah tugas, di Windows 10 Anda bisa membuka beberapa aplikasi dan software dalam satu layar tanpa perlu menutup aplikasi sebelumnya, sehingga semua aplikasi bisa dipantau dengan optimal.

3. Adanya aplikasi Command

Ada satu kelebihan Windows 10 yang menarik yakni aplikasi Command atau perintah, yang memungkinkan Anda 'berinteraksi' dengan komputer Anda. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengetikkan perintah untuk melakukan berbagai tugas, bahkan bisa juga digunakan untuk menyelesaikan trouble pada komputer dan mencarikan solusi melalui fitur help secara offline maupun online.

 

Tapi hal yang harus kamu perhatikan saat ingin mengupdate windows 7 ke windows 10 agar PC atau perangkat kamu tetap berjalan dengan baik, yaitu:

1. Pakai OS Windows paling update

Untuk bisa menjalankan Windows 10, pastikan PC Anda sebelumnya sudah menggunakan OS Windows 7 atau 8.1. Bagi pengguna yang sudah memiliki Windows 7 atau 8.1 original, mereka bisa mendapatkan Windows 10 dengan gratis.

Di sisi lain, bagi mereka yang hanya memiliki versi bajakannya saja, harus membelinya di toko online Microsoft saat Windows 10 sudah dirilis nanti.

2. Prosesor

Performa prosesor juga mempengaruhi bisa tidaknya pemakaian Windows 10. Dalam hal ini, PC Anda sudah harus menggunakan prosesor dengan kecepatan minimal 1 gigahertz (GHz). Namun, demi performa Windows 10 yang lebih baik, disarankan untuk memakai prosesor lebih dari 1 GHz.

3. RAM

Jika prosesor yang dibutuhkan minimal 1 GHz, maka Microsoft mensyaratkan minimal memori RAM berkapasitas 1GB untuk prosesor berarsitektur 32-bit. Sementara untuk prosesor 64-bit (terbaru), minimal RAM yang dibutuhkan 2GB.

4. Hard Disk

Soal kapasitas minimal hard disk yang bisa menjalankan Windows 10 juga dipengaruhi oleh prosesor. Bagi prosesor 32-bit, diperlukan hard disk minimal 16GB. Sedangkan untuk prosesor 64-bit, kapasitas minimal hard disk adalah 20GB.

5. Kartu grafis

Bagi Anda yang doyan ngegame di PC, syarat satu ini mungkin bukan masalah serius, sebab Microsoft hanya mensyaratkan kartu grafis minimal DirectX 9 dengan tambahan driver WDDM 1.0.

6. Layar

Soal layar, tidak dibutuhkan bentang layar tertentu untuk menjalankan OS Windows 10 mengingat OS ini disiapkan untuk semua jenis gadget. Syarat yang diberikan Microsoft hanya layar itu minimal harus mempunyai resolusi 800 x 600 piksel.

Selain syarat spesifikasi PC di atas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengguna, misalnya kompatibilitas beberapa aplikasi. Microsoft lewat situs resminya menyatakan bila ada beberapa aplikasi lama di Windows 7 dan 8.1 yang mungkin tidak bisa dijalankan di Windows 10.

Jadi, hal yang perlu kamu ingat adalah jangan lupa untuk segera beralih ke Windows 10. Tetapi sebelum itu kamu juga harus memastikan perangkat kamu cocok untuk menggunakan Windows 10 tersebut.

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_7

https://tekno.kompas.com/read/2019/01/15/10450037/usia-windows-7-tinggal-setahun-lagi.

https://www.merdeka.com/teknologi/wajib-tahu-ini-6-syarat-pc-atau-laptop-bisa-jalankan-windows-10-splitnews-2.html

https://www.liputan6.com/tekno/read/3579443/deretan-kelebihan-windows-10-os-tercanggih-dari-microsoft