Perbandingan Fintect antara Jenius dan DigiBank

Perbandingan Fintect antara Jenius dan DigiBank

Fintech adalah sebuah sebutan yang disingkat dari kata ‘financial’ dan ‘technology’, di mana artinya adalah sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan.

Artikel ini akan membahas pengertian Fintech beserta jenis dan manfaat industri ini bagi perekonomian Indonesia.

Saat ini muncul e-Wallet terbaru dari PT. Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) yaitu Jenius dan e-Wallet dari PT. Bank DBS Indonesia yaitu DigiBank. Doavers akan mereview kedua layanan tersebut sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan kalian yang mau membuat e-Wallet.

 

  1. Biaya

Dari segi biaya menurut saya layanan DigiBank saat ini lebih unggul karena banyak menggratiskan biaya-biaya yang normalnya dibebankan ke nasabah bank lainnya. Bunga Deposito dan tabungan juga untuk saat ini lebih besar.

Klik disini untuk melihat biaya-biaya yang dikenakan ke nasabah DigiBank lebih lanjut.

 

Sedangkan Jenius mengratiskan biaya transfer sebanyak 25 kali tiap bulan. Bunga relatif lebih kecil dari Bank DBS, namun ada fitur yang bisa memberikan bunga lebih besar dan tanpa kondisi yang mewajibkan nasabahnya menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu.

Klik disini untuk melihat biaya-biaya yang dikenakan ke nasabah Jenius lebih lanjut.

 

  1. Area Layanan

Selain memiliki banyak service point yang berada di mall-mall dan kafe-kafe di Jakarta, saya rasa tidak sulit juga mencari cabang BTPN yang tersebar hampir di seluruh kota dan kabupaten di pulau Jawa serta kota besar lainnya di luar pulau Jawa.

Area Layanan Bank BTPN - Jenius

Sementara untuk digibank, kantor pelayanannya di Indonesia cukup terbatas hanya di kota-kota besar saja. Service point pun juga tidak sebanyak Jenius. Namun, karena digibank ini produk dari DBS yang merupakan produk bank multinasional Singapura, mungkin saja ketika anda berkunjung ke Singapura atau luar negeri akan lebih mudah mendapatkan pelayanan dibanding Jenius.

Area Layanan Bank DBS - DigiBank

 

  1. Fitur Aplikasi

Kalau dari segi fitur aplikasi menurut Doavers, Jenis lebih unggul. Hal ini dikarenakan adanya $Cashtag, jadi untuk kirim-kirim uang ke teman tinggal ngapalin username atau cashtagnya aja. Gak perlu ngehapal nomor-nomor. Untuk lebih jelasnya tentang fitur-fitur Jenis klik disini. Sedangkan DigiBank saat ini ada fitur yang biasanya terdapat pada bank umumnya. Untuk melihat jelasnya tentang fitur-fitur DigiBank klik disini.

 

  1. Pendaftaran

Untuk mendaftar juga mudah. Tim dari Jenius akan menghampiri anda ke kantor. Kalau pendaftaran DigiBank juga tim dari DigiBank akan datang untuk memverifikasi biometrik kita. Keduanya relatif mudah, hanya butuh sedikit kesabaran untuk menunggu.

 

  1. Promo

Untuk saat ini kedua Bank memberikan banyak promo menarik, sehingga tidak ada yang lebih diunggulkan dari segi promo. Ada kalanya promo dari DigiBank lebih banyak dari Jenius dan sebaliknya, itu juga sesuai kebutuhan anda juga.