Perbedaan HTTP & HTTPS beserta Cara Kerjanya

Perbedaan HTTP & HTTPS beserta Cara Kerjanya

Sumber gambar: pabelog

Jika bermain dengan server tentu tidak asing lagi dengan namanya http dan https. Bagi sebagian orang awam yang tidak mengerti server, mungkin mereka menyangka bahwa itu adalah 2 hal yang sama. Padahal dua hal ini memiliki perbedaan yang signifikan. Mulai dari keamanan dan pengaruh terhadap mesin pencarian di Google.

 

Kali ini, kami akan membahas mengenai http dan https dari beberapa sumber. Berikut penjelasannya :

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Yang menjadi client adalah web browser atau device lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web.

Sedangkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi secure dari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp.

Perbedaan dan Keuntungan HTTP dan HTTPS

  • Port default yang digunakan pada HTTP adalah 80, sedangkan HTTPS 443

  • Transmisi data pada HTTP tidak aman karena tidak terenkripsi. Sedangkan pada HTTPS aman, karena dienkripsi.

Keamanan pada web klien juga perlu diperhatikan untuk menghindari virus, keylogger, atau segala macam yang bisa membuat data bocor ke pihak lain.

  • SEO. Saat ini hasil pencarian di mesin pencari (terutama Google) akan mengutamakan website yang telah memakai HTTPS untuk ditampilkan.

  • Keamanan. Transmisi data antara web klien dengan web server dienkripsi.

  • Terpercaya. Membuat website Anda terpercaya. Dengan kepercayaan dari pelanggan, tak ayal lagi, konversi pengunjung menjadi pelanggan menjadi lebih mudah dan revenue Anda pun terdongkrak.

Cara Kerja HTTP dan HTTPS

Secara singkat, berikut cara kerja protokol HTTP:

  • Klien HTTP (Web browser) membuat sambungan (dengan klik tautan hyperlink atau mengetik URL pada browser) dan mengirimkan permintaan dokumen kepada server web hosting.

  • Daemon HTTP di server web hosting tujuan menerima permintaan dan mengirim kembali file yang diminta atau file yang terkait dengan permintaan tersebut kepada klien HTTP (Web browser). (Halaman Web sering terdiri dari lebih dari satu file).

HTTPS

Cara kerja HTTPS dengan HTTP sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya pada bagian validasi HTTPS yang digunakan pada website apakah valid atau tidak (proses ini dinamakan SSL Handshake).

Apabila valid website akan menampilkan HTTPS:// dengan gembok hijau atau nama perusahaan website. Apabila tidak valid akan ada peringatan situs tidak aman.

Sumber gambar : rumahweb

Apabila sudah valid akan dibangun sesi antara web klien dan web server untuk membuat koneksi aman. Sehingga data yang dikirim dari web browser ke web server terenkripsi.

Dari penjelasan di atas dapat kita lihat perbedaan antara http & https. Ternyata penggunaan https sangat dibutuhkan pada sebuah website untuk SEO, trust, dan keamanan transmisi data antar klien dan server. Hal yang penting adalah website yang telah memakai https sangat diutamakan muncul pada hasil pencarian di mesin pencari, terutama Google


 

Sumber :

https://www.codepolitan.com/mengetahui-perbedaan-http-dan-https

https://www.rumahweb.com/journal/perbedaan-http-dan-https-serta-fungsinya/