Putra, Hacker Muda Indonesia Peretas Situs NASA

Putra, Hacker Muda Indonesia Peretas Situs NASA

Kecanggihan teknologi tidak hanya berdampak negatif bagi manusia seperti kecanduan gadget hingga tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Tetapi bagi manusia yang dapat menggunakan teknologi dengan baik maka akan menghasilkan hal yang positif seperti mendalami dunia programming.

Belajar menjadi programmer,  seringkali dinilai dari sudut pandang fasilitas. Laptop bagus dan belajar di sekolah yang mahal. Namun, kedua hal tersebut terbantahkan oleh viralnya seorang siswa SMP yang bernama “Putra Aji Adhari”. Mungkin sebagian besar masyarakat awam belum begitu menganggap ini hal yang luar biasa. Tetapi bagi yang paham akan dunia cyber akan terkagum-kagum dengan prestasi yang Putra capai.

Apa sih yang dilakukan Putra hingga menggoncangkan dunia ?

Putra adalah seorang siswa di salah satu SMP di Tangerang. Baru-baru ini dia menjadi viral karena prestasinya dalam menjadi hacker. Tidak tanggung-tanggung situs yang diretasnya merupakan salah satu situs yang mempunyai keamanan yang ketat yaitu situs NASA di Amerika Serikat.

"Paling mengesankan adalah situs NASA, karena pada saat saya melakukan penetration testing itu di luar ekspektasi saya," katanya, seperti dikutip dari video channel YouTube Narasi.

Dia mengaku telah berhasil meretas berbagai situs tetapi yang sangat mengesankan adalah saat meretas situs NASA di Amerika Serikat ini. Bahkan dia sendiri tidak menyangka akan dapat membobol sistem keamanan yang sangat ketat dan memiliki ribuan developer.

Prestasi ini tentunya tidak terlepas dari motivasi dan keseriusan Putra mendalami dunia progamming dan cyber security.

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai Putra Aji Adhari :

  1. Siswa SMP di Tangerang

  2. Bersekolah dengan latar belakang Madrasah

  3. Tidak ada belajar komputer di sekolahnya

  4. Hobi bermain game

  5. Bercita-cita menjadi bug hunter

  6. Pakar teknologi Indonesia yang diidolakan adalah Kang Onno dan Jim Geovedi.

  7. Sebelum membobol situs NASA AS, dia juga pernah membobol beberapa sistem pemerintah bahkan dengan waktu kurang dari tiga menit.

Sebenarnya jika dipikirkan berat menjadi programmer tanpa adanya bantuan dari pelajaran di sekolah, karena tidak ada tempat bertanya dan panduan dalam belajar. Tetapi hal ini tidak melunturkan niat Putra mendalami dunia programming.

Diawali dengan rasa penasaran mengenai cara pembuatan dan mesin game yang dimainkannya, membuat Putra menjadi mencari tahu hingga mendapatkan titik terang atas rasa penasarannya itu. Lalu, Putra menyadari bahwa game itu dapat dibuat melalui sistem pemrograman.

Selain itu, penyebab Putra juga tertarik dengan dunia programming dan cyber security itu karena terinspirasi dari beberapa pakar teknologi terkenal di dunia yaitu Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Putra kemudian mencari tahu mengapa orang-orang seperti mereka bisa kaya-raya. Hingga akhirnya ia mengetahui bahwa tokoh-tokoh yang dikaguminya itu belajar pemrograman.

Selain Bill Gates dan Mark Zuckerberg, Putra juga mengidolakan Pakar Teknologi Indonesia yaitu Kang Onno dan Jim Geovedi. Nama kedua pakar ini tentu tidak asing bagi para programmer.

Kang Onno dengan nama lengkap Onno Widodo Purbo (lahir di Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962) adalah seorang tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi asal Indonesia. Selain pakar, Onno juga dikenal sebagai penulis, pendidik, dan pembicara seminar. Sebagai aktivis Onno dikenal dalam upayanya memperjuangkan Linux. Karya inovatifnya diantaranya adalah Wajanbolic, sebagai upaya koneksi internet murah tanpa kabel dan RT/RW-Net sebagai jaringan komputer swadaya masyarakat untuk menyebarkan internet murah, serta penerapan Open BTS.

Begitu pula dengan Jim Geovedi. Seorang Hacker Lokal Reputasi Global.

Ya, nama Jim memang tak begitu familiar di Indonesia. Jangankan di kalangan orang biasa seperti kita, para penggelut dunia IT Indonesia pun mungkin banyak yang belum pernah mendengar nama ini. Tapi, meskipun tak populer di sini, di luar negeri sana Jim sama terkenalnya seperti Brad Pitt.

Salah satu prestasi paling brilian seorang Jim Geovedi adalah apa yang dilakukannya di tahun 2014. Ya, ketika itu website KPU berhasil diretas oleh seorang hacker dan bikin bingung semua orang. Jim kemudian dimintai tolong oleh pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan ini

Termotivasinya Putra dari kedua pakar teknologi yang sangat luar biasa ini, membuatnya bertambah yakin untuk selalu belajar. Dengan keseriusan dan prestasi membobol situs NASA AS, Putra menjadi lirikan para pakar teknologi dunia. Meskipun Putra memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, dia mengatakan bahwa tidak akan melakukan hal yang tidak sepantasnya atau menyalahgunakan kemampuannya ini. Dia menuturkan bahwa ingin menjadi seorang Bug Hunter.

"Kalau bug hunter itu contohnya, ada suatu rumah yang menurut pemilik rumahnya itu sudah tertutup rapat. Lalu dia (bug hunter) bisa masuk tanpa diketahui pemilik rumahnya. Biasanya bug hunter tersebut akan membuat laporan ke pemilik rumah," kata Putra.

Karena prestasinya, Putra sudah pernah diajak ke beberapa acara dan bertemu dengan pakar-pakar teknologi salah satunya yaitu Kang Onno.

Saat Putra Aji  mendapatkan kesempatan bertemu dengan salah satu idolanya, yaitu kang Onno.

Onno kemudian menjelaskan pentingnya programmer untuk keamanan jaringan internet suatu negara.

"Penting banget. Jujur bug hunter, developer, programmer dicari banget. Sebagian besar perusahaan di Indonesia tidak berhasil dapat programmer, bug hunter, dan developer di Indonesia. Jadi mereka sering dapatnya dari mana coba? Dari India. Kebetulan di India guru-gurunya benar, sekolahnya bener ngajarinnya," tutur Onno.

Onno menegaskan pentingnya peran beberapa pihak untuk perkembangan keamanan internet Indonesia.

Jadi, Putra telah membuktikan bahwa meskipun keluarga tidak mempunyai latar belakang teknologi, tidak belajar komputer di sekolah, hingga belajar program secara otodidak. Jika didalami dengan keseriusan dan tidak disalahgunakan akan membuat kita berhasil dan menoreh prestasi tidak hanya lokal tapi Internasional.

So, teknologi itu bisa berdampak baik dan buruk sesuai penggunanya. Kitalah yang seharusnya dapat memanfaatkan teknologi agar lebih bermanfaat dan membuat kita berpikir kreatif dan inovatif. Semoga Pemerintah senantiasa memberikan wadah kepada generasi milenial seperti Putra agar terus berinovasi untuk Indonesia khususnya.

 

Proud of You Putra Aji Adhari.

 

Sumber :

https://kumparan.com/berita-heboh/putra-aji-hacker-smp-asal-tangerang-yang-sukses-bobol-situs-nasa-1553760234714615759

https://www.boombastis.com/jim-geovedi/77285

https://id.wikipedia.org/wiki/Onno_W._Purbo

http://batam.tribunnews.com/2019/03/30/berhasil-bobol-keamanan-situs-nasa-bocah-smp-asal-tangerang-ini-ngaku-belajar-otodidak?page=2