Qlue: Inovasi Smart City di Indonesia

Qlue: Inovasi Smart City di Indonesia

Berbagai problema yang terjadi di Indonesia seperti keluhan masyarakat mengenai lingkungan yang banjir, masalah lalu lintas dan masalah lainnya menyebabkan masyarakat resah karena terkadang tidak tahu mau mengadu ke pihak mana. Sesudah mengadu, terkadang mereka juga berpikiran, sampai atau tidak pengaduan nya ke pihak yang dituju. Sampai atau tidaknya pengaduan ke pihak yang dituju tentu dibuktikan dengan adanya tindak lanjut dari pihak yang berkaitan. Sehingga dengan ada tindak lanjut ini, masyarakat dapat merasa lega dan percaya atas cepat tanggapnya petugas/pihak terkait.

Namun sekarang zaman serba modern yang selalu ditemani kecanggihan teknologi, membuat beberapa problematika teratasi. Seperti, berlakunya ojek online yang membuat orang tidak perlu panik mau pergi kemana saja dan sekarang juga ada tempat menampung curhatan dan keluhan warga atas masalah di daerahnya. Simak selengkapnya tentang Qlue.

Dengan perkembangan teknologi ini, salah satu agen perubahan Rama Aditya CEO dan Founder Qlue menciptakan berbagai inovasi terbaru seperti Qlue yaitu aplikasi yang dapat menampung berbagai curhatan dan keluhan masyarakat di berbagai wilayah.

PT Qlue Performa Indonesia  adalah perusahaan teknologi asal Jakarta, Indonesia. Perusahaan Qlue secara resmi berdiri pada 12 Februari 2016, namun aplikasi Qlue telah beredar di publik sejak diluncurkan pada Desember tahun 2014 bersama mitra pertama mereka Pemprov DKI Jakarta pada program Jakarta Smart City.

Nama dari Qlue sendiri berasal dari kata "petunjuk" yang "berkualitas". Misi utama Qlue adalah untuk memberdayakan pemimpin-pemimpin negara di Indonesia dengan memberikan wadah dengan penghimpunan dan visualisasi data agar pengambilan keputusan lebih cepat, tepat dan efektif. Produk Qlue beragam, ditujukan ke pemimpin yang berbeda-beda.

Selain itu Qlue bekerjasama dengan badan pemerintah pusat yang berguna untuk melakukan monitoring dan pemanfaatan pada fitur-fitur baru lainnya sehingga visi misi Qlue di awal untuk menciptakan Indonesia Smart Nation dengan memberdayakan seluruh pemimpin-pemimpin utama di Indonesia dapat tercapai dengan cepat dan efektif. Berikut adalah produk dari Qlue :

  1. QlueMyCity : Ditujukan kepada pemimpin provinsi (Gubernur) dan pemerintah kota (Wali kota/Bupati) beserta jajarannya, MyCity memberikan visualisasi data sebuah kota agar pemimpin kota tersebut dapat menentukan keputusan berbasis data. Data yang dihimpun termasuk data pelaporan masyarakat, kondisi lalu lintas, kemiskinan, insiden, kemiskinan, pajak dan sebagainya. Dengan menghimpun dan memvisualisasikan data Qlue berharap pemimpin kota dapat menghasilkan kebijakan dan tindakan yang lebih efektif. MyCity berawal digunakan oleh Jakarta Smart City.

  2. Qluster : Mencoba untuk memberikan solusi kepada pengembang kota mandiri, perumahan dan apartemen melalui aplikasi yang terhubung kepada dashboard untuk pembayaran IPL, pelaporan warga, tombol panik, berita dan layanan jasa. Qluster sendiri membantu pemilik kawasan untuk lebih mudah untuk melakukan pengawasan yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 kota mandiri terbesar di Indonesia.

  3. QlueSafe : Demi keamanan kota-kota di Indonesia agar jauh dari kriminalitas, terorisme, penipuan dan lainnya, Qlue bekerjasama dengan kepolisian dan badan keamanan lainnya untuk memonitor petugas di lapangan yang sedang bekerja agar dengan cepat dapat meningkatkan komunikasi untuk mengidentifikasi permasalahan di lapangan. QlueSafe memiliki fitur untuk komunikasi yang aman dengan pusat komando. Saat ini QlueSafe sudah digunakan oleh badan keamanan di 18 provinsi di Indonesia.

  4. QlueVision : Dengan berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) melalui Computer Vision, QlueVision menghadirkan dashboard yang dapat memproses CCTV biasa menjadi cerdas seperti melakukan penghitungan kendaraan / pejalan kaki, facial recognition dan license plate recognition. Produk ini sudah banyak membantu banyak perusahaan dan badan pemerintah agar dapat mengurangi cost dan kesalahan manusia dalam me-monitor CCTV yg ada secara signifikan.

Pada acara Smart Citizen hari ini (28 Maret 2019), Rama memaparkan bahwa aplikasi Qlue sedikitnya sudah diakses 15 kota dan kabupaten di Indonesia. Rama mengatakan, kota-kota yang telah bermitra dengan Qlue di luar Jakarta antara lain Bandung, Bima, Sibolga, dan Manado. Rama menyebut, keluhan yang biasa disampaikan warga di sana pun tak jauh berbeda dengan warga Jakarta, seperti jalan rusak, banjir, atau penumpukan sampah. Di samping itu, Qlue telah bekerja sama dengan 17 kepolisian daerah di Jakarta serta sejumlah pengembang perumahan seperti Sinarmas dan Agung Sedayu.

Selain itu, Rama juga menyampaikan aplikasi Qlue telah mengurangi titik banjir dan pungli di Jakarta serta meningkatkan kepercayaan warga terhadap kinerja Pemprov DKI Jakarta. Rama juga mengatakan bahwa aplikasi Qlue merupakan ekosistem untuk membangun Smart City.

Semoga perkembangan dan peningkatan penggunaan aplikasi Qlue dapat membantu masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan di berbagai wilayah.

Apakah wilayahmu sudah terakses Qlue ?

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Qlue

https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/28/17340551/berawal-dari-jakarta-qlue-sudah-diterapkan-di-belasan-daerah