RapidMiner : Mengenal Aplikasi Data Mining Terkemuka di Dunia

RapidMiner : Mengenal Aplikasi Data Mining Terkemuka di Dunia

 

Data Mining adalah proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan,  machine learning untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar (Turban dkk. 2005). Terdapat beberapa istilah lain yang memiliki makna sama dengan data mining, yaitu  Knowledge discovery in databases  (KDD), ekstraksi pengetahuan (knowledge extraction), Analisa data/pola (data/pattern analysis), kecerdasan bisnis (business intelligence) dan  data archaeology dan data dredging (Larose, 2005).

Produk-produk perangkat lunak gratis (freeware) dan bersifat open source yang demikian banyak jumlahnya, telah memudahkan kita dalam melakukan proses pengolahan dan analisis data. Dalam melakukan analisa terhadap data mining, RapidMiner merupakan salah satu solusi yang dapat kita gunakan. Keberadaan RapidMiner yang berupa freeware dan dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi tidak hanya menguntungkan penyedia aplikasi karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk lisensi perangkat lunak, tetapi juga memudahkan pengembang maupun calon pengembang dalam mempelajari dan mencoba sendiri fitur-fitur yang ada.

RapidMiner merupakan perangkat lunak yang bersifat terbuka (open source). RapidMiner adalah sebuah solusi untuk melakukan analisis terhadap data mining, text mining dan analisis prediksi. RapidMiner menggunakan berbagai teknik deskriptif dan prediksi dalam memberikan wawasan kepada pengguna sehingga dapat membuat keputusan yang paling baik.

RapidMiner sebelumnya bernama YALE (Yet Another Learning Environment), dimana versi awalnya mulai dikembangkan pada tahun 2001 oleh Ralf Klinkenberg, Ingo Mierswa, dan Simon Fischer di Artificial Intelligence Unit dari University of Dortmund. RapidMiner didistribusikan di bawah lisensi AGPL (GNU Affero General Public License) versi 3. Hingga saat ini telah ribuan aplikasi yang dikembangkan menggunakan RapidMiner di lebih dari 40 negara. RapidMiner sebagai software open source untuk data mining tidak perlu diragukan lagi karena software ini sudah terkemuka di dunia. RapidMiner menempati peringkat pertama sebagai Software data mining pada polling oleh KDnuggets, sebuah portal data-mining pada 2010-2011.

 

Beberapa Fitur dari RapidMiner, antara lain:

  1. Banyaknya algoritma data mining, seperti decision tree dan self-organization map.

  2. Bentuk grafis yang canggih, seperti tumpang tindih diagram histogram, tree chart dan 3D Scatter plots.

  3. Banyaknya variasi plugin, seperti text plugin untuk melakukan analisis teks.

  4. Menyediakan prosedur data mining dan machine learning termasuk: ETL (extraction, transformation, loading), data preprocessing, visualisasi, modelling dan evaluasi

  5. Proses data mining tersusun atas operator-operator yang nestable, dideskripsikan dengan XML, dan dibuat dengan GUI

  6. Mengintegrasikan proyek data mining Weka dan statistika R

RapidMiner dapat diunduh pada situs resminya, yaitu https://rapidminer.com/. Pada bagian ini, akan dijelaskan bagaimana cara melakukan instalasi software RapidMiner versi 5.3 pada sistem operasi Microsoft Windows. Untuk memulai instalasi software RapidMiner pada sistem operasi Microsoft Windows, jalankan file installer RapidMiner-5.3.000x32-install.exe, sehingga akan muncul tampilan wizard seperti pada Gambar di bawah ini

Klik Next, lalu setujui ketentuan yang ada pada form selanjutnya agar bisa melanjutkan instalasi.

Setelah itu akan tampil form seperti di bawah ini, pilih lokasi folder lalu klik install. Maka proses instalasi akan berjalan.

Lalu, proses instalasi akan berlangsung beberapa saat. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.

Setelah selesai dan muncul tampilan seperti di bawah ini, maka instalasi rapidminer sudah selesai dan dapat digunakan. Finish.

 

 

Setelah selesai, maka kamu sudah bisa menggunakan aplikasi rapidminer sesuai dengan kebutuhan projectmu. Untuk referensi yang lebih lanjut kamu bisa kunjungi link yang tertera pada sumber.

 

 Selamat mencoba.

 

Sumber :

https://beyonder.asia/pengertian-fungsi-proses-dan-tahapan-data-mining/

http://perpustakaan.stmik-budidarma.ac.id/downloadebook-Data%20Mining%20dg%20Rapid%20Miner_tagt.pdf