Rekomendasi Distro Linux Paling Ringan Untuk Spek Pas-Pasan

Rekomendasi Distro Linux Paling Ringan Untuk Spek Pas-Pasan

Sumber : InputTekno

Sistem Operasi yang lemot atau lebih dikenal dengan istilah nge-lag, tentu saja membuat pengguna PC kesal. Hal ini dapat disebabkan karena sistem yang digunakan pada laptop atau notebook itu tidak sesuai dengan spek yang dimiliki PC. Langkah yang sebaiknya dilakukan adalah menginstal sistem operasi yang sesuai dengan perangkat yang dipakai. 

Linux adalah salah satu sistem operasi yang cukup terkenal , linux termasuk dalam debian. Linux adalah sebuah sistem operasi komputer yang berbasis open source, dan kita juga tidak perlu membayar atau pun membeli kode lisensinya, karena sistem operasi linux ini gratis. Untuk sistem operasi open source linux terbilang cukup bagus. Linux sangat ringan dan cepat saat dipakai.

Berikut adalah beberapa rekomendasi distro linux yang dapat digunakan pada laptop ataupun notebook yang memiliki spesifikasi rendah atau pas-pasan yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

  1. Lubuntu

Lubuntu adalah varian resmi dari Ubuntu. Perbedaan antara Lubuntu dengan Ubuntu terletak dari Desktop Environment yang digunakan. Lubuntu menggunakan LXDE sebagai Desktop Environment-nya.

Karenanya, Lubuntu dapat berjalan dengan cepat karena LXDE merupakan Desktop Environment yang sangat ringan. Sangat cocok untuk kamu yang menggunakan laptop dengan prosesor Intel Atom.

2. Puppy Linux

distro linux ringan terbaik terbaru

Distro linux berikutnya adalah Puppy Linux. Puppy linux memiliki keunikan yaitu seluruh sistem operasi serta aplikasi yang digunakan berjalan di atas RAM. Ini adalah hal yang menyebabkan puppy linux sangat ringan dan dapat berjalan dengan cepat walaupun spesifikasi laptop kita rendah.

Keunggulan lainnya adalah kalian bisa menjalankan puppy linux hanya dengan menggunakan flashdisk.  Saking ringannya kalian bisa diakses menggunakan puppy linux di flashdisk kalian. Kalian tidak perlu menginstal OS ini di hard disk kalian, kalian bisa menginstalnya di flashdisk kalian. Ketika selesai digunakan tinggal kalian cabut.

3. Linux Mint Xfce

Linux Mint adalah salah satu distro linux yang cukup populer. Sama seperti Lubuntu, Linux Mint juga merupakan turunan dari Ubuntu. Linux Mint tidak hanya hadir dengan satu Desktop Environment saja. Salah satu varian dari Linux Mint adalah Linux Mint Xfce. Xfce adalah Desktop Environment yang sangat ringan dan dapat berjalan dengan lancar di prosesor Intel Atom.

4. CruchBang

crunchbang distro linux ringan

Distro Linux selanjutnya adalah CruchBang. Cruchbang merupakan distro linux yang ringan sekali, selain itu OS ini juga bisa berjalan lancar di prosesor zaman dahulu seperti Intel Atom.

Tampilan dari cruchbang terbilang simple dan sangat tidak menarik dilihat. Oleh karena itu OS ini sangat cocok digunakan oleh kalian yang lebih mementingkan fungsinya dari pada tampilannya. Karena walaupun tampilannya kurang menarik, tapi kecepatannya sangatlah cepat.

5. Arch Linux

Arch Linux adalah distro linux yang hanya membawa paket-paket dasar saja. Karenanya, Arch Linux bisa dikategorikan sebagai distro linux yang sangat ringan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setelah proses instalasi Arch Linux, kita dapat menggunakan Desktop Environment yang ringan. 

Sebenarnya ada beberapa distro linux lagi yang bisa digunakan untuk PC dengan spek pas-pasan. Jika sistem operasi yang digunakan tepat dan benar, maka komputer, laptop, dan notebook akan bisa beroperasi cepat dan tidak nge-lag.

 

Sumber lengkap :

https://www.mastekno.com/id/distro-linux-terbaik-ringan/

https://ngonoo.com/2017/05/200330/5-distro-linux-paling-ringan-cocok-untuk-laptop-dengan-prosesor-intel-atom/