Server Domain yang Aman & Stabil

Server Domain yang Aman & Stabil

Sumber : lifeware.com

DNS (Domain Name Server) adalah server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya. Namun bagi manusia tidak mungkin menghafalkan IP address tersebut, manusia lebih mudah menghafalkan kata-kata seperti www.yahoo.com dan www.google.com. 

Fungsi utama dari sebuah server DNS adalah menerjemahkan nama-nama host (hostname) menjadi alamat IP atau sebaliknya sehingga nama sebuah host akan lebih mudah diingat oleh pengguna. Fungsi lain dari DNS adalah memberikan informasi tentang suatu host ke seluruh internet.

Intinya, domain name server adalah server yang digunakan untuk mempermudah pengguna mengingat IP Address. Selain itu, kelebihan DNS adalah konsisten jadi jika IP Address sebuah komputer berubah, host name nya tetap dan stabil.

Saat ini, ada banyak sekali server domain yang dapat menjadi pilihan para user. Tetapi untuk mengutamakan keamanan tentu user menggunakan server yang terbaik dan telah terbukti aman untuk meningkatkan kualitas akses pada perangkat yang dimilikinya.

Berikut adalah server DNS terbaik yang direkomendasikan serta dapat  menjadi pilihan para user dari berbagai sumber yaitu :

  1. Open DNS

Sumber : wikipedia

OpenDNS ini merupakan salah satu grup dari Cisco dan diklaim aman dan terpercaya. OpenDNS sendiri memiliki berbagai produk yang bisa kamu gunakan.

Di antaranya adalah OpenDNS Family Shield dan Home yang bisa kamu gunakan secara gratis. Sedangkan VIP dan Umbrella Pro summer bisa kamu nikmati dengan langganan berbayar.

Keterangan 

Open DNS

Primary DNS

208.67.222.222

Secondary DNS

208.67.220.220

Primary DNS (IPv6)

2620:119:35::35

Secondary DNS (IPv6)

2620:119:53::53

Server DNS ini dapat digunakan orang tua yang was – was terhadap akses situs dewasa juga bisa dimatikan dengan bantuan filter OpenDNS. Selain itu, ada beberapa perusahaan yang menggunakan OpenDNS di kantornya untuk mencegah karyawannya browsing ke situs yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan seperti Facebook dan Twitter, atau yang pada umumnya mengganggu produktivitas kerja. Kalau anda salah mengetik (typo) alamat website OpenDNS mampu membetulkan dan mengarahkan ke website yang sebenarnya anda tuju atau akses.

 

  1. Cloudflare DNS

Sumber : CNET Download.com

Cloudflare DNS merupakan server yang dinilai dengan akses tercepat. DNS yang dibuat oleh kolaborasi Cloudflare and APNIC ini akan memberikan pengalaman berselancar internet yang lebih maksimal.

Server DNS yang dirilis Cloudflare pada 1 April 2018 lalu ini menjamin keamanan penggunanya.  Sistem Cloudflare ini akan menjaga privasi dan menghapus semua log DNS dalam waktu 24 jam.

KompasTechno memaparkan bahwa Cloudflare juga mengklaim 1.1.1.1 sebagai DNS tercepat di dunia dengan response time 14 milidetik berdasarkan data dari dnsperf. Angka itu lebih cepat dari OpenDNS (20 milidetik) dan Google DNS (34 milidetik).

Berikut keterangan mengenai IP Cloudflare :

Keterangan 

Cloudflare DNS

Primary DNS

1.1.1.1

Secondary DNS

1.0.0.1

Primary DNS (IPv6)

2606:4700:4700::1111

Secondary DNS (IPv6)

2606:4700:4700::1001

 

3. Google DNS

Sumber : brontobytes

Google DNS adalah sebuah layanan domain name system yang dipublish pada tanggal 3 Desember 2009. Server ini juga menjanjikan browsing yang lebih cepat dan melindungi dari berbagai virus dan ancaman. Domain ini juga dapat diakses secara gratis hingga saat ini. 

Keterangan 

Open DNS

Primary DNS

8.8.8.8

Secondary DNS

8.8.4.4

Primary DNS (IPv6)

2001:4860:4860::8888

Secondary DNS (IPv6)

2001:4860:4860::8844

Sebenarnya ada banyak server DNS yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu dapat juga memilih tiga yang telah dipaparkan di atas untuk performa browsing yang lebih baik dan perlindungan yang lebih aman. 

Jadi saat ini DNS apa yang sedang kamu gunakan?

Berniat untuk mencoba DNS lain untuk performa yang lebih baik dan aman. Sebelum mengganti DNS lain, kamu harus mencari informasi terlebih dahulu tentang keuntungan dan kelemahan DNS tersebut saat digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Sumber :

https://jalantikus.com/tips/server-dns-terbaik/

https://www.linuxindo.com/solution/dns/

http://www.teknody.com/cara-menggunakan-opendns

https://tekno.kompas.com/read/2018/04/03/08004027/dns-internet-1111-diresmikan-diklaim-terkencang-di-dunia.