Situs Jurnal Ilmiah untuk Mahasiswa

Situs Jurnal Ilmiah untuk Mahasiswa

Untuk menambah referensi karya ilmiah ataupun tugas, mahasiswa membutuhkan banyak referensi. Mulai dari buku hingga jurnal ilmiah. Namun terkadang, masih banyak yang belum mengetahui situs jurnal ilmiah yang sudah ada dan dapat diakses secara gratis tetapi juga ada yang berbayar. Berikut adalah beberapa situs jurnal ilmiah yang dapat digunakan mahasiswa sebagai referensi tugasnya.

 

1. Portal Garuda 

 

Portal Garuda dapat diakses melalui link http://garuda.ristekdikti.go.id. Pada portal ini kamu akan dapatkan banyak referensi yang kamu perlukan. Selain jurnal, di portal ini juga terdapat artikel dan karya tulis lainnya untuk berbagai jurusan. Semoga dapat membantu dalam mencari referensi ya.

 

2. Jurnal LIPI

Portal ini dapat diakses melalui link http://www.jurnal.lipi.go.id/. LIPI merupakan singkatan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Pada portal ini terdapat banyak karya ilmiah dan dapat di download atau dilihat secara gratis.

 

3. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Pada portal ini terdapat puluh ribuan jurnal yang bisa diakses baik itu jurnal Indonesia maupun dari negara lain. Jurnal disini juga dapat diakses secara gratis serta disimpan sebagai bahan baca. Tetapi tidak hanya jurnal, disini juga ada karya tulis lain seperti artikel. Kamu bisa cek langsung dengan klik link https://doaj.org/ .

 

4. Google Scholar

Google Scholar menyediakan ratusan ribu informasi tentang literatur pendidikan referensi ilmiah. Kita bisa mencari berbagai macam paper, tesis, jurnal, artikel, electronic books (ebook), dan literatur ilmiah lainnya dalam berbagai format publikasi hanya dengan memasukkan kata kunci di halaman Google Scholar. Portal ini dapat diakses melalui http://scholar.google.com/

 

5. Citeseer

 

Citeseer merupakan situs jurnal ilmiah yang menyediakan jurnal baik itu dari Indonesia ataupun luar negeri. Jurnal disini dapat dicari berdasarkan nama penulis maupun judul yang kita cari. Jurnal disini dominan kepada teknologi dan ilmu pengetahuan. Selain itu jurnal ini dapat diakses secara gratis. Untuk mengunjungi situs ini kamu dapat klik link http://citeseer.ist.psu.edu/index

 

6. PubMed Central

Bagi kamu mahasiswa medis atau ilmu alam, kamu bisa menggunakan situs ini untuk mencari referensi karya ilmiah. Disini ada jutaan jurnal dan artikel yang bisa kamu baca dari berbagai para ahli pada bidangnya. Jurnal disini berbahasa Inggris ya guys. Tetapi tentu masih bisa digunakan sebagai referensi kamu dan ini gratis. Untuk mengaksesnya silahkan klik link ini https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/ .

 

7. Economics

Khusus untuk karya ilmiah, artikel ataupun hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi bisa kita lihat pada situs ini. Tetapi situs ini tersedia dalam bahasa Inggris dan dapat diakses secara gratis ya. Untuk mengunjungi situs ini silahkan klik http://economics-ejournal.org/ .

Sebenarnya masih banyak lagi alternatif jurnal yang dapat diakses secara online. Terkadang tidak semua free tetapi ada juga yang berbayar. Jangan malas lagi untuk mencari referensi karya tulis mu terutama untuk skripsi. Selain mencari jurnal, kamu juga bisa membaca buku sebagai tambahan ilmu pengetahuan. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

 

Sumber :

https://andykamt.com/daftar-referensi-jurnal-ilmiah-online-gratis-open-access-journals/