Situs Pantau Pemilu 2019

Situs Pantau Pemilu 2019

Sejak penyelenggaran pemilu 17 April 2019, pembahasan mengenai hasil perhitungan masih menjadi perbincangan serta menjadi topik yang semakin hangat. Berbagai media banyak meliput dan memantau hasil perhitungan yang berbeda-beda, hal ini disebabkan karena perhitungan masih bersifat sementara. Menanggapi hal itu, sebagai warga negara Indonesia yang baik kita seharusnya dapat memantau dan berkontribusi dalam mengawal rekapitulasi suara pemilu 2019 ini. Selain memantau, kita juga bisa memasukkan foto/pindaian dari kertas C1 di TPS di area tempat tinggal.

Setidaknya ada tiga situs untuk mengawal rekapitulasi suara yang telah dirangkum oleh Warta Ekonomi. Pertama, situs resmi KPU, kemudian situs Pantau Kawal Pilpres 2019, dan situs Kawal Pemilu.

Untuk mengenal sekilas mengenai situs pemilu. Simak selengkapnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini:

Situs Resmi KPU

Situs KPU (Komisi Pemilihan Umum) merupakan situs resmi yang dibuat melaksanakan pemilu. Di dalam situs ini terdapat banyak edukasi yang dapat dibaca sebagai bahan informasi untuk lebih mengenal sejarah pemilu, visi misi, perhitungan suara, pertanyaan publik, dan lainnya. KPU itu sendiri memiliki tugas dan kewenangan yang juga tertulis pada situs ini.

Masyarakat indonesia dapat memantau hasil dari pemilihan presiden melalui link berikut:

https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/

Dalam Pasal 10 Undang-undang Nomor 3 Tahun 1999 tentang Pemilihan Umum dan Pasal 2 Keputusan Presiden Nomor 16 Tahun 1999 tentang Pembentukan Komisi Pemilihan Umum dan Penetapan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Umum Komisi Pemilihan Umum, dijelaskan bahwa untuk melaksanakan Pemilihan Umum, KPU mempunyai tugas kewenangan sebagai berikut :

  1. Merencanakan dan mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum;

  2. Menerima, meneliti dan menetapkan Partai-partai Politik yang berhak sebagai peserta Pemilihan Umum;

  3. Membentuk Panitia Pemilihan Indonesia yang selanjutnya disebut PPI dan mengkoordinasikan kegiatan Pemilihan Umum mulai dari tingkat pusat sampai di Tempat Pemungutan Suara yang selanjutnya disebut TPS;

  4. Menetapkan jumlah kursi anggota DPR, DPRD I dan DPRD II untuk setiap daerah pemilihan;

  5. Menetapkan keseluruhan hasil Pemilihan Umum di semua daerah pemilihan untuk DPR, DPRD I dan DPRD II;

  6. Mengumpulkan dan mensistemasikan bahan-bahan serta data hasil Pemilihan Umum;

  7. Memimpin tahapan kegiatan Pemilihan Umum.

Dalam Pasal 2 Keputusan Presiden Nomor 16 Tahun 1999 terdapat tambahan huruf:

  1. Tugas dan kewenangan lainnya yang ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 1999 tentang Pemilihan Umum.

Sedangkan dalam Pasal 11 Undang-undang Nomor 3 Tahun 1999 tersebut juga ditambahkan, bahwa selain tugas dan kewenangan KPU sebagai dimaksud dalam Pasal 10, selambat-lambatnya 3 (tiga) tahun setelah Pemilihan Umum dilaksanakan, KPU mengevaluasi sistem Pemilihan Umum.

Situs Pantau Kawal Pilpres 2019

Situs ini di inisiasi oleh Onno W. Purbo, seorang pakar teknologi informasi lulusan Institut Teknologi Bandung tahun 1987. Berbeda dengan situs KPU yang memuat data pilpres dan pileg, situs ini hanya menyediakan diagram dan data seputar suara dari pilpres 2019.

Kawal Pilpres adalah bagian dari Gerakan Ayo Nyoblos Ayo Pantau, yakni sebuah gerakan masyarakat sipil yang digaungkan oleh berbagai lembaga dan komunitas untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam membantu mewujudkan Pemilu Damai dan Berkualitas. Selain mengajak untuk menggunakan hak pilihnya, gerakan ini juga mengajak masyarakat untuk memantau proses pemilu dan melaporkan hasil penghitungan pemilihan presiden (pilpres). Gerakan ini terbuka bagi seluruh elemen masyarakat yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menginginkan proses demokrasi di Indonesia semakin baik.

Kawal Pilpres memiliki 3 prinsip yaitu :

  • Netral

  • Berintegritas = objektif, berkualitas, serta valid dalam proses dan teknologi.

  • Terbuka = untuk partisipasi masyarakat menjadi relawan, dan akses ke data.

Strategi yang dilakukan situs Kawal Pilpres 2019 yaitu :

  • Roadshow ke lembaga, komunitas, institusi pendidikan (khususnya siswa kelas 12 dan kampus sebagai lokasi tempat kelompok pemilih pemula usia 17-20 tahun);

  • Memfasilitasi pemeriksaan DPT (Daftar Pemilih Tetap) secara daring, pengurusan Formulir A5 Pindah TPS, pemeriksaan Dapil (Daerah Pilihan), dan cara nyoblos yang sah;

  • Perekrutan relawan untuk Gerakan Ayo Nyoblos Ayo Pantau dan Kawal Pilpres;

  • Penggunaan Aplikasi Mikro Kawal Pilpres yang ada di Aplikasi PeSankita Indonesia.

 

Situs Kawal Pemilu

Tahun 2014 lalu, Kawal Pemilu mendigitisasi sekitar 470.000 formulir C1 salinan yang tersedia dari website KPU. Situs kawal pemilu merekrut sekitar 700 relawan terpercaya untuk mendigitisasi angka-angka dari gambar salinan C1 ke sistem kami.

Awalnya, tim Kawal Pemilu merasa tidak perlu lanjut di tahun 2019. Tetapi ada banyak hal yang membuat mereka ingin gerakan ini diadakan lagi. Di antaranya adalah:

  1. Jumlah TPS menjadi 2x lipat dari 470.000+ menjadi 809.000+ TPS. Jumlah formulir per TPS menjadi 5-7x lipat karena Pemilu serentak (Pilpres dan Pileg). Setiap pemilih nanti harus mencoblos 5 surat suara!

  2. Kecurangan masih bisa terjadi sebelum formulir C1 salinan di-upload ke website KPU. Data Pemilu paling otentik adalah formulir C1 PLANO yang terpajang di TPS seperti ini yang penghitungannya bisa dipantau oleh publik. Karenanya SANGAT PENTING untuk mengawal formulir C1 PLANO nya!

  3. Lamanya proses rekap, 35 hari setelah tanggal 17 April baru hasil resmi diumumkan. Menunggu tanpa kepastian itu bikin resah dan galau. Kami merasa bisa membantu tugas KPU melalui sistem KawalPemilu dengan membuka pergerakan hasil hitungan ke publik yang dapat dicek bersama-sama secara transparan. Tapi  sangat memerlukan bantuan kamu, para relawan!

Siapkah kamu menjadi relawan untuk mengawal, memantau dan berkontribusi dalam rekapitulasi pemilu yang jujur, adil, transparan dan damai ? Silahkan langsung kunjungi salah satu situs pemilu seperti KawalPemilu untuk info yang lebih lanjut.

 

Sumber lengkap :

https://kawalpilpres2019.id/gerakan-independen/index.html

https://kawalpemilu.org/latar-belakang/

https://www.kpu.go.id

https://www.wartaekonomi.co.id/read224353/yuk-kawal-real-count-pemilu-2019-lewat-3-situs-ini.html