Tips Agar Bekerja Dari Rumah Tetap Produktif

Tips Agar Bekerja Dari Rumah Tetap Produktif

Perkembangan virus Corona di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan menyebabkan Pemerintah mengambil kebijakan untuk belajar dan bekerja di rumah. Beberapa sekolah bahkan perusahaan di beberapa daerah terjangkit corona telah diliburkan selama dua pekan. Penerapan kebijakan ini dilakukan agar tidak terjadi perluasan penyebaran virus corona di Indonesia.

Beberapa perusahaan yang menerapkan kebijakan Work From Home tentunya tetap ingin karyawannya bekerja dengan maksimal dan produktif. Perbedaan suasana bekerja di kantor dengan di rumah tentunya berpengaruh terhadap kualitas kerja. Namun ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar tetap bekerja secara produktif di rumah yang dilansir dari beberapa sumber, yaitu:

  1. Komunikasikan kepada Keluarga

Jika kita berada di tengah keluarga pada hari kerja, tentunya aka nada interaksi kepada keluarga seperti anak. Anak-anak tentunya kurang mengerti bahwa orang tua nya di rumah bukan  sepenuhnya libur tetapi ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Komunikasikan dengan baik kepada keluarga terutama anak kita agar mereka mengerti tentang sedikit kesibukan kerja yang dihadapi.

  1. Tetapkan jam kerja

Untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif di rumah, perlu untuk para pekerja memanajemen jam kerja yang sama dengan jam kerja di kantor. Selain jam kerja, menggunakan pakaian yang sama dalam bekerja agar merasa seperti di kantor. Hindari tempat tidur dalam bekerja, karena akan mengurangi konsentrasi dan menciptakan rasa malas bekerja.

  1. Jalin komunikasi dengan rekan kantor

Selain mengkomunikasikan kepada keluarga, sangat penting selalu menjalin dengan rekan kantor. Seperti projek kerja yang sedang dikerjakan. Langkah yang sangat penting dilakukan adalah mengaktifkan segala notifikasi baik handphone, email, aplikasi obrolan, nada dering agar tidak terjadi kesalahan dalam berkomunikasi.

  1. Jam Istirahat

Meskipun bekerja di rumah, kita juga harus memperhatikan jam istirahat. Pola kerja yang terlalu banyak tanpa istirahat yang cukup akan tidak baik bagi kesehatan diri. Selain itu, lakukan peregangan di sela-sela waktu kerja, agar kesehatan tetap terjaga.

  1. Membuat list pekerjaan

Bekerja di rumah tentu tetap harus disiplin. Bukan berarti karena di rumah, kita bekerja dengan seenaknya. Membuat list pekerjaan akan membantu kita melihat pekerjaan apa yang akan dikerjakan dan yang telah terselesaikan. Dengan dibuatnya list pekerjaan itu, kita dapat membagi waktu kerja dengan baik sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Itulah tips Work from Home yang direkomendasikan kepada para pejuang kerja jarak jauh agar tetap produktif dalam bekerja. Kamu juga bisa menyiapkan tempat khusus yang tenang serta snack yang cukup di rumah. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

https://www.tagar.id/tips-work-from-home-agar-produktif