Tips Berjualan Online di Marketplace

Tips Berjualan Online di Marketplace

Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Sebenarnya online marketplace memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, pemilik marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual karena tugas mereka adalah menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan dan melakukan transaksi dengan lebih simpel dan mudah. Transaksinya sendiri memang diatur oleh marketplacenya. Kemudian setelah menerima pembayaran, penjual akan mengirim barang ke pembeli. Salah satu alasan mengapa marketplace terkenal adalah karena kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan. Banyak yang menggambarkan online marketplace seperti department store.

Pertama kali marketplace mulai menjadi populer pada tahun 1995. Pada tahun itu, Amazon dan eBay mulai terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Di tahun itu juga sebuah bank di Amerika bernama The Presidential Bank meluncurkan online banking pertama. Pada tahun 1998, PayPal diluncurkan dan memberi kemudahan lebih banyak untuk transaksi online. Di Asia sendiri, Jack Ma meluncurkan Alibaba di China pada tahun 1999.

Di Indonesia, marketplace yang terkenal adalah tokopedia, shopee, bukalapak, blibli, JD. id, elevenia dan masih banyak lagi. Untuk sukses berjualan online di marketplace tentu adalah tips dan strateginya. Karena tidak hanya membutuhkan marketplace yang terkenal tetapi butuh strategi agar barang yang dijual laku dan keuntungan yang diraih juga maksimal. 

Berikut adalah tips berjualan online di marketplace :

 

  1. Pelayanan Ramah dan Fast Respon

Meskipun di dunia online, pelayanan juga merupakan faktor penting untuk menggaet konsumen. Pelayanan Call Center dan Customer Service di toko online yang ramah dan fast respon membuat konsumen merasa dihargai dan konsumen bisa tahu banyak hal mengenai hal yang ingin diketahuinya. Jika konsumen dilayani dengan buruk dan lambat, maka bisa membuat konsumen merubah keputusan jadi tidak ingin membeli dan tidak ingin berkunjung ke toko tersebut lagi.

  1. Promosi yang Menarik

Untuk menarik pelanggan singgah di toko online kita, buatlah promosi yang menarik. Selain promo yang menarik, penting dalam membuat promosi yang sesuai dengan keadaan sebenarnya. Misalnya toko online membuat ada promo buy 1 get 1, maka itu benar adanya. Sehingga tidak membuat konsumen merasa dibohongi, jadi terciptalah rasa percaya antara konsumen dengan toko. Biasanya promo yang digunakan adalah buy 1 get 1, gratis ongkir, dan diskon. Kamu bisa berkreasi mengenai promosi sehingga konsumen yang singgah tidak kecewa.

  1. Tambahkan testimoni yang benar

Untuk meyakinkan konsumen dengan kualitas produk dan pelayanan toko, perlu juga adanya testimoni dari konsumen. Berilah testimoni yang nyata, sehingga konsumen yang melihatnya percaya. Tampilkan beberapa testimoni dengan respon yang berbeda, jika kamu memiliki banyak produk buatlah testimoni pada setiap produknya.


  1. Sebarkan ke media sosial 

Untuk menambah konsumen, kamu bisa menyebarkan website toko onlinemu ke media sosial yang kamu punya. Jadi teman-teman media sosialmu bisa mengetahui dan jika tertarik dia bisa order produk di toko onlinemu.

Nah, itu beberapa tips agar toko kamu  ramai pengunjung. Jadi selain toko online mu berada di marketplace yang tepat, kamu juga membutuhkan pelayanan yang baik, promosi, testimoni dan memperkenalkan toko online ke media sosial agar jual beli kamu lancar dan penghasilan pun meningkat. 

Selamat mencoba.

Sumber :

https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-marketplace/

Google image