Tips Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Tips Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Source : els.co.id

Laptop saat ini menjadi kebutuhan sehari-hari. Dari mulai mengerjakan tugas sekolah, kantor bahkan juga bisnis. Banyak diantaranya juga problema yang terjadi pada laptop ini, baik itu problema kecil hingga yang tidak bisa terselamatkan lagi.

Ada yang baru memiliki Laptop bisa rusak dan memiliki banyak gangguan seperti cepat panas, mati sendiri dan yang lainnya. Seperti layaknya manusia dan benda terjaga lainnya, laptop juga  membutuhkan perawatan agar bisa awet dan tahan lama. 

Terkadang ada yang kita anggap benar dan bisa menghemat bahkan itu dapat merusak laptop dengan cepat seperti melepas baterai saat memainkannya dan langsung menghidupkan laptop dengan charger ke arus listrik.

Ada banyak lagi yang harus kamu ketahui mengenai cara merawat agar laptop tahan lama yaitu sebagai berikut melansir dari beberapa sumber,

1. Jangan Taruh Laptop di kasur


Gambar : Liputan6.com

Dilansir dari jalantikus.com meletak laptop secara langsung di kasur dapat merusak laptop lebih cepat. Jika kamu menaruh laptop kamu di atas kasur, sirkulasi udara di laptop kamu tidak akan berjalan dengan lancar. Udara pembuangan akan sulit keluar karena tertahan badan kasur. Akibatnya, udara panas pembuangan tersebut berputar kembali ke dalam laptop kamu dan membuat komponen-komponen laptop kamu malah bertambah panas.

 

2. Jangan menutup LCD setelah digunakan

Gambar : news.detik.com

Dilansir kembali dari jalantikus.com bahwa menutup LCD setelah menggunakannya dapat membuat laptop cepat rusak. Hal ini sebenarnya boleh, tetapi jika saat setelah digunakan laptop dalam keadaan dingin. Hal ini disebabkan oleh udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD dan dapat berakibat fatal pada LCD tersebut. Jika kamu berada di sekolah atau di kantor yang gak ber-AC atau udaranya panas, sebaiknya setengah jam sebelum jam pulang matikan dulu laptopnya.

 

3. Sering-sering membersihkan Laptop

Gambar : TeknikHidup.com

 

Dilansir juga di jalantikus.com, hal yang tidak boleh ketinggalan. Jangan lupa pula selalu membersihkan laptop kamu minimal 2 minggu sekali. Debu-debu yang menempel di komponen laptop kamu dapat memperlambat kinerja laptop kamu dan membuat laptop kamu cepat panas. Adapun yang perlu dibersihkan antara lain, LCD, Keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai. Jika kamu mahir bongkar pasang laptop, bersihkan pula bagian dalam laptop.

 

4. Hindari Penggunaan Partisi Berlebihan

Gambar : Laptopnesia

Jika membahas mengenai perawatan laptop tentu juga menyinggung mengenai perawatan hardisk yang digunakan. Jika kita perhatikan, permasalahan laptop itu salah satu seringnya pada bagian hardisk. Melalui salah satu sumber, cara merawat hardisk agar awet adalah dengan menghindari penggunaan partisi secara berlebihan. 

Umumnya hard disk memiliki kapasitas mulai dari 320GB ke atas. Biasanya kapasitas bakal dibagi-bagi penyimpanannya atau yang biasa disebut partisi. Misalnya partisi C untuk sistem operasi dan partisi D untuk data. Anda sebaiknya tidak memiliki jumlah partisi yang terlalu banyak. Kalau dua partisi dirasa kurang, Anda bisa membagi ke dalam 3 partisi. Semisal partisi C untuk sistem, partisi D untuk data kerjaan/tugas, dan partisi E untuk menyimpan program.

5. Defrag Hardisk

Gambar : teknobites.com

Untuk melakukan drefrag, bisa memilih defrag bawaan Windows. Atau bisa juga menggunakan program defrag pihak ketiga seperti ultradefrag, defragler, dan lain-lain. Sebelum melakukan defrag, cek terlebih dulu fragmentasinya jika sudah di atas 10, barulah Anda bisa lakukan defrag. Proses defrag biasanya agak lama, terutama jika kapasitas hard disk besar. Apa pengaruh defrag? Tentunya selain membuat hard disk agar tidak cepat rusak karena banyak data menumpuk, defrag juga berguna untuk meningkatkan proses read and write hard disk.

6. Mematikan Laptop dengan Benar

Gambar : makeuseof.com

Terlihat sepele, tetapi mematikan laptop dengan benar dapat membuat hard disk kamu berumur panjang. Hal ini disebabkan karena jika laptop mati secara mendadak maka menyiksa hard disk yang sedang memproses atau membaca data program.

Oke itu dia beberapa tips merawat laptop dan hardisk. Banyak lagi cara lainnya seperti menjaga suhu laptop agar tidak overheat, menghapus data yang tidak perlu dan yang lainnya. Untuk referensi lebih lengkap kamu bisa kunjungi sumber yang kami cantumkan di bawah ini.

 

Sumber :

https://jalantikus.com/gadgets/6-tips-merawat-laptop-agar-awet/ 

https://carisinyal.com/cara-merawat-hardisk-laptop/