Tips Cara Optimasi Kecepatan Akses Website

Tips Cara Optimasi Kecepatan Akses Website

Apakah DevITs tahu standar kecepatan akses website yang baik itu? 

Apakah DevITs juga tahu bagaimana mengoptimasikan kecepatan akses atau load suatu website?

Kali ini akan dibahas Tips Cara Optimasi Kecepatan Akses Website.

Kecepatan load suatu website merupakan hal yang wajib di perhatikan oleh DevITs sekalian. Umumnya pengunjung akan meninggalkan suatu website jika dia terlalu lama menunggu atau lebih dari 30 detik. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan kecepatan akses website:

 

Hanya gunakan kode yang dibutuhkan saja

Jangan menggunakan javascript library atau CSS yang tidak dianggap perlu. Jika DevITs mengunakan library umum seperti JQuery, Bootstrap, dan lainnya, pastikan DevITs menggunakan file minified (biasanya menggunakan *.min.js).

 

Gunakan Tools Optimize Website pada cPanel

Jika DevITs menggunakan cPanel, Tools Optimize Website berguna untuk mengcompress konten yang ada di web hosting. Update setting untuk merasakan perubahannya

mempercepat-load-webiste

mempercepat-load-webiste-2

 

Gunakan CDN (CloudFlare)

CloudFlare adalah layanan CDN dan security web. Setiap webmaster bisa mendapatkan CloudFlare dengan gratis, meskipun gratis, tetapi layanan yang diberikan tetap maksimal. Selain pilihan gratis CloudFlare juga memiliki paket ProBusiness, dan Enterprise.

CDN atau Content Delivery Network adalah sistem terdistribusi server yang ada di berbagai data center di internet dengan tujuan untuk menyediakan konten yang cepat kepada end-user. Biasanya konten yang disebarkan melalui CDN adalah konten statis. CDN dapat menyebarkan konten statis web ke berbagai data center, ketika user meload konten statis dari web (gambar, js, css, video, dll), user akan menerima konten dari lokasi terdekat dari CDN, bukan dari server web. CDN tidak gratis, tetapi CloudFlare memberikan CDN secara gratis dan fitur lainnya.

Artinya website akan loading lebih cepat dibuka oleh setiap end-user dimanapun mereka berada.

CloudFlare juga memberikan banyak fitur lain seperti DNS manager yang bisa memudahkan DevITs kalau ingin menambahkan Sub Domain, A Record, MX Record, SPF, dll.