Tips Menguasai Algoritma Youtube

Tips Menguasai Algoritma Youtube

Sumber : Youtube Anakbaru_

Istilah algoritma Youtube sudah sering didengar saat ini. Bagi pemula yang sebelumnya memulai menjadi content creator dengan modal kemampuan pas-pasan dan tidak ada perkembangan kini bisa belajar memahami algoritma Youtube. Algoritma ini nantinya akan memberi petunjuk kepada creator untuk meningkatkan kualitas konten sehingga meraih viewers hingga subscribers.

YouTube menyebut sistem algoritma mereka sebagai “search and discovery system”. Algoritma YouTube tak hanya menentukan video-video yang ditampilkan ketika Anda mengetikkan keywords pada kolom search, tetapi juga menentukan video-video yang akan muncul di bagian lainnya. Setidaknya ada enam bagian di YouTube yang menjadi objek algoritma dalam menempatkan video, yakni di hasil pencarian, homepage, trending stream, di bawah daftar deskripsi, suggested video stream, dan notifikasi.

Pada tahun 2016, YouTube merilis ulasan resmi mereka tentang sistem algoritma mereka. Algoritma YouTube fokus pada bagaimana audiens berinteraksi dengan video. Mereka menggunakan artificial intelligence (AI) yang diklaim mampu mempelajari lebih dari 80 miliar feedback dari audiens untuk menyediakan video yang tepat untuk penonton yang tepat pada waktu yang tepat.

Nah, setidaknya ada empat jenis feedback audiens yang menjadi pertimbangan YouTube, yaitu:

  • Video yang audiens tonton dan tidak

  • Berapa lama audiens menonton sebuah video (watch time)

  • Berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk menonton video dalam satu kali kunjungan (session time)

  • Likes, dislikes, dan “not interested” feedback

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan content creator untuk berkarya sesuai dengan algoritma dan mampu mendapatkan viewer yang dilansir jagad.id.

1. Niche/Tema Konten

Pastikan anda menentukan konten apa yang ingin di isi dalam channel yang dibuat. Konsistenlah dengan satu Niche saja semisal, Daily Vlog dalam kategori Entertainment, Gaming dalam kategori Hiburan, Video Pengetahuan dalam kategori pendidikan. Tidak mencampur adukan konten sangat diperlukan karena Sistem Youtube memberikan poin lebih pada Channel yang konsisten mengisi kontennya dengan video yang relevan dengan mayoritas isi videonya. Sehingga sistem youtube mengenal channel anda dengan isi konten tersebut yang akan lebih merekomendasikan video anda.

2. KeyWord (Kata Kunci)

Kata kunci merupakan hal terpenting untuk membuat penonton meraih video kita. Bagi anda yang masih pemula dengan channel baru yang belum dikenal maka ada baiknya membuat konten dengan Keyword persaingan rendah sesuai dengan niche yang dibuat masing masing. 

Bagaimana mengetahui Keyword (Kata Kunci) yang memiliki persaingan rendah? Anda bisa mengira-ngiranya sendiri, apakah memang keyword tersebut banyak dicari orang di youtube’ Buatlah Konten Dengan KeyWord yang Ramai namun hanya diisi oleh channel yang juga belum populer.

Agar lebih mudah dalam melakukan riset keyword sebaiknya analisa menggunakan tools untuk pencarian keyword. Banyak tools yang tersedia gratis untuk melakukan riset dan berburu keyword yang layak dicoba. Sebagai contoh berikut ini, dalam kata kunci resep maka Total pencarian pengguna youtube pada kata kunci “resep masakan” sangatlah tinggi.

KeyWord YoutubeNamun karena dalam hasil rekomendasi pencarian terdapat persaingan dengan channel populer ada baiknya melakukan riset keyword lagi untuk mencari keyword turunan yang tetap ramai namun sedikit persaingan.

Selain memperhatikan keyword yang digunakan, cara yang tepat adalah dengan menciptakan konten yang unik dengan thumbnail yang menarik sehingga mempengaruhi orang untuk menonton. Maka dari itu berkreasilah.

3. Video CTR

CTR pada video sangat diperlukan karena bisa menaikan posisi rank video yang diupload di youtube. Dengan terklik nya video anda di hasil penelusuran youtube ataupun video terkait lainnya yang direkomendasikan youtube maka bisa meningkatkan point anda untuk lebih terindex oleh Youtube. 

Cara yang tepat adalah dengan membuat judul dan thumbnail yang menarik. Selain itu kita juga bisa menggunakan teknik Clickbait tapi dengan konten yang sesuai dengan tema yang ada pada judul tersebut.

4. Bounce Rate

Bounce Rate adalah kondisi dimana pengunjung beralih dari video yang dilihat saat itu. Bounce Rate yang tinggi mengindikasikan bahwa terdapat banyak aktivitas viewer yang beralih dari video yang sedang dilihatnya. Pada dasarnya bounce rate yang terjadi jika beralih ke konten lain ataupun aktivitas pengguna saat menutup youtube karena telah selesai view video sampai tuntas hal tersebut masih di batas normal. Bounce Rate tinggi akan jadi masalah ketika CTR tinggi namun viewer hanya beberapa detik membuka video anda kemudian menutup atau langsung beralih ke video lain. Bounce rate juga terjadi saat pengunjung me skip video anda dan hanya menonton sesaat saja.

Bounce Rate

5. Konsisten Upload Video Baru

Dalam membangun channel usahakan mengatur jadwal yang mana memiliki target untuk mempublikasikan konten baru yang segar secara konsisten. Sistem Youtube akan memberikan penilaian yang baik bagi channel yang selalu aktif sehingga akan membuat channel tersebut mendapatkan poin lebih di algoritma youtube. Walaupun tampak sepele pada dasarnya konsisten membuat konten akan terasa sulit jika sudah dijalani.

6. Kualitas Konten

Beberapa hal hal yang membuat video dinilai berkualitas diantaranya yaitu :

  • Youtube lebih mengunggulkan video dengan High Resolution atau biasa disebut HD Video. Hal ini dikarenakan fitur youtube yang memberikan fasilitas mengubah resolusi video memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk memilih resolusi mana yang diinginkan. Jika konten yang kita miliki tidak memiliki resolusi HD maka tentunya beberapa pengguna youtube akan kecewa karena tidak mendapatkan pengalaman yang maksimal. Oleh sebab itu demi memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna youtube lebih menyukai video yang memiliki resolusi HD.

  • Kualitas Audio Video yang bagus sangat diperlukan untuk kebaikan video yang dibuat. Bahkan Youtuber profesional pun menggunakan kamera yang baik hampir pada setiap videonya. Hal ini dikarenakan banyak viewer yang ingin menyaksikan video yang indah dilihat dan nyaman didengar. 

Selain penjelasan di atas, ada banyak lagi versi memahami algoritma youtube yang dapat kamu baca dan pahami. Pentingnya memahami algoritma ini mempengaruhi kesuksesan konten kamu dimasa yang akan datang. Intinya mau belajar dan terus berkarya.

 

Sumber lengkap :

https://blog.midtrans.com/dapatkan-lebih-banyak-views-dengan-memahami-algoritma-youtube/

https://jagad.id/algoritma-youtube/